Sejarah Tari Jaipong Berasal Dari Daerah Jawa Barat

tari jaipong

www.infobudaya.net

Bagi sebagian besar masyarakat indonesia kata tari jaipong bukanlah getaran suara yang aneh di telinga mereka.Tari jaipong adalah kesenian tari tradisional yang sangat terkenal di indonesia. Tari jaipong berasal dari daerah jawa barat namun namanya sudah dikenal dari ujung timur sampai ke ujung barat. Tari jaipong merupakan konsep tari penggabungan dari tiga kesenian tradisional yaitu wayang golek, pencak silat dan ketuk tilu.

Itulah sebabnya mengapa jaipong menjadi kesenian tari yang sangat energik dan sangat menarik. Dengan diiringi oleh musik degung membuat tari jaipong terdengar lebih indah dan tak jarang membuat banyak orang yang melihatnya ikut menari mengikuti alunan musik. Tari jaipong merupakan jenis tarian yang tergolong humoris dan ceria.

Seringkali pemain tari jaipong mengundang gelak tawa penonton yang melihatnya. Dulu tari jaipong adalah kesenian yang sangat populer seringkali tari jaipong ditampilkan pada perayaan berbagai pesta, seiring berkembangnya zaman sekarang tari jaipong sudah ditinggalkan sedikit demi sedikit pencintanya..

Sejarah Tari Jaipong

tari jaipong

www.goodnewsfromindonesia.id

Jika menilik sejarah tari jaipong ada dua nama besar yang disebut-sebut sebagai pencipta tari kebanggaan masyarakat jawa barat ini yaitu Haji Suanda dan Gugum Gumbira. Haji Suanda merupakan salah seorang seniman asli sunda yang berasal dari kota karawang jawa barat. Beliau adalah seorang yang sangat berbakat dalam bidang seni sehingga dia mampu menguasai beberapa kesenian dari beberapa daerah, khususnya daerah kelahirannya yaitu kota karawang.

Diantara kesenian yang dia kuasai adalah Ketuk Tilu, Wayang Golek, Pencak Silat dan Topeng Benjet. Dengan kecerdasan yang dimilikinya pada tahun 1976 Haji Suanda berinovasi dengan menggabungkan tiga kesenian menjadi satu tarian. Dia berhasil menyatukan beberapa gerakan seni dari tiga kesenian yang berbeda. Kesenian yang dia gabungkan adalah kesenian Wayang Golek, kesenian Ketuk Tilu, dan kesenian Pencak Silat.

Dari penggabungan tersebut terciptalah satu kesenian tari yang sangat unik dengan gaya yang begitu energik. Dimana tari ini sangat disukai oleh masyarakat setempat dan berkembang sangat pesat. Dengan diiringi jenis musik yang bertenaga seperti degung, gendang, gong dan alat musik ketuk lainnya kesenian ini menjelma menjadi sebuah tari yang seru.

Untuk menambah keelokan gerakan tari digunakan juga pengiring suara yang biasa kita sebut dengan sinden. Dengan suaranya yang khas sinden selalu berhasil menjadi ciri khas pada setiap pertunjukan tari yang ditampilkan. Dahulu nama tari ini belum dikenal sebagai tari jaipong. Kemudian barulah muncul seorang seniman yang bernama Gugum Gumilar.

Seniman yang juga asli sunda tersebut menyukai gerakan-gerakan tari yang diciptakan oleh Haji suanda. Sehingga dia sangat semangat sekali untuk mempelajarinya. Setelah dia berhasil menguasai semua gerakan demi gerakan Gugum Gumilar memperbarui kesenian tari ini dan terciptalah Tari jaipong.

Sambutan masyarakat terhadap tari jaipong sangat baik, setelah pada tahun 1979 tari jaipong mulai dikenal oleh banyak orang. Banyak daerah lain yang memanggil kesenian tari jaipong untuk berbagai keperluan. Hingga akhirnya jaipong meluas dan sekarang dikenal sebagai kesenian tari khas jawa barat.

Peran Penting Tari Jaipong

tari jaipong

www.youtube.com

Berbagai macam pentas seni yang menampilkan tari jaipong berhasil membuat setiap penontonnya terhibur. Di sisi lain jaipong juga berhasil membuat setiap masyarakatnya menjadi berbaur. Walaupun pada saat ini banyak sekali kesenian moderen yang terus bermunculan namun tari jaipong tidak pernah tergerus oleh zaman.

Sekarang tari jaipong lebih banyak menjadi salah satu icon kesenian tari daerah. Walau begitu saat ini pecinta jaipong malah justru bertambah. Banyak sekali orang-orang asing yang tertarik dan mau mempelajari tari jaipong. Itulah sebabnya sekarang jaipong menjadi  kesenian tari andalan daerahnya jawa barat.

Macam-Macam Gerakan Tari Jaipong

tari jaipong

http://iw-kampungsindangbarang.com

Tidak seperti jenis kesenian tari pada umumnya yang gemulai. Kesenian tari jaipong dari jawa barat ini tergolong jenis tari yang bertenaga. Walau begitu tari jaipong bukan termasuk jenis tari yang kasar. Dengan gerakannya yang sederhana tari jaipong tetap terasa indah bagi siapa saja yang hendak memandangnya.

Tari jaipong memiliki beberapa gerakan yang tidak biasa. Dimana gerakan ini mampu menjadi sebuah ciri khas dalam pementasan tari jaipong. Tidak seperti jenis tari lain yang memiliki banyak ragam gerakan tari jaipong hanya memiliki 4 (empat) jenis gerakan saja. Berikut beberapa nama gerakan yang ada dalam kesenian tari tari jaipong.

1. Bukaan

Gerakan bukaan merupakan gerakan pembuka dalam sebuah pementasan seni tari jaipong. Pada gerakan bukaan ini umumnya penari akan melakukan gerakan memutar sembari memainkan sebuah selendang yang ditaruh pada lehernya. Dengan gerakan bukaan yang lemah gemulai sang penari akan terlihat lebih mempesona sehingga akan membuat kagum semua penontonnya.

2. Pencungan

Gerakan pencungan merupakan sebuah gerakan yang memiliki tempo cenderung lebih cepat. Untuk itu maka pencungan harus diiringi oleh alunan musik yang lebih semangat. Karena gerakan pencungan tak jarang penonton ikut terbawa suasana dan ikut menari bersama.

3. Ngala

Gerakan ngala merupakan sebuah gerakan tari yang terlihat seperti patah-patah dari satu gerakan ke gerakan yang lain dengan tempo yang sangat cepat. Gerakan ini merupakan gerakan yang paling khas dan paling banyak disukai oleh para penonton.

4. Mincit

Gerakan mincit adalah gerakan perpindahan dari satu bentuk gerakan tari kegerakan tari lainnya. Sekilas gerakan Mincit hampir sama dengan gerakan Ngala namun sesungguhnya gerakan Mincit sangatlah berbeda.

Busana Tari Jaipong

tari jaipong

bisniswisata.co.id

Busana pada pementasan seni tari jaipong sangat beragam. Seiring berkembangnya zaman saat ini ada perbedaan antara corak busana tradisional dan corak busana moderen, namun sejatinya jenis pakaiannya tetaplah sama. Berikut di bawah ini adalah beberapa nama busana yang biasa dikenakan saat pementasan seni tari jaipong.

Sinjang

Mungkin sekarang ada banyak jenis busana yang dikenakan saat pementasan tari jaipong. Perlu kita ketahui bahwa awalnya pakaian tari jaipong adalah memakai kain yang menyerupai celana panjang. Dan kain yang menyerupai celana panjang inilah yang kita sebut dengan nama Sinjang.

Sampur

Sampur adalah kain panjang yang diletakkan pada leher sang penari. Kain sampur merupakan properti yang sangat penting dalam sebuah pentas tari jaipong. Bagaimana tidak hampir setiap gerakan tari jaipong adalah memainkan kain yang berbentuk selendang tersebut. Kain ini jugalah yang memberikan kesan lembut pada setiap gerakan tari jaipong.

Apok

Apok adalah sebutan untuk pakaian bagian atas penari jaipong. Seperti pakaian pada umumnya kebanyakan apok juga menggunakan kancing sebagai pengaitnya. Yang paling menjadi khas pada busana apok adalah terdapat bordiran bentuk bunga yang terdapat pada setiap sisi-sisi pakaiannya.

Macam-Macam Jenis Alat Musik Tari Jaipong

tari jaipong

http://ragamkesenian12ra4asti.blogspot.com

Dalam sebuah pementasan seni tari jaipong musik menjadi salah satu unsur yang sangat penting. Bagaikan sebuah nyawa pada organ tubuh manusia musik adalah penghidup bagi setiap gerakan tari jaipong dari suku sunda tersebut. Hal ini disebabkan musik mempunyai peran sebagai pemandu penari dalam menampilkan setiap gerak tarinya.

Tak mudah memang bagi penari untuk mengikuti setiap alunan musik yang tergolong cukup cepat. Maka dari itu dibutuhkan  seorang penari yang sigap untuk menjadi seorang penari jaipong. Berikut beberapa jenis alat musik yang biasa digunakan sebagai pengiring dalam penampilan seni tari jaipong.

Gendang

Gendang atau dalam bahasa daerah biasa disebut dengan kendang adalah jenis alat musik yang sering kali digunakan dalam pementasan berbagai  kesenian di daerah asalnya yakni jawa tengah dan jawa barat.

Jenis alat musik ini dimainkan dengan cara ditabuh menggunakan tangan. Semakin cepat pemain gendang menabuh gendangnya maka akan semakin cepat juga penari  jaipong menari didepan penonton.

Rebab

Berbeda dengan gitar, Rebab merupakan alat musik yang memilki 3 (tiga) senar. Alat musik jenis ini dimainkan dengan cara dipetik. Tak banyak berpengaruh rebab hanya musik pelengkap dalam sebuah pentas seni tari jaipong. Meski demikian dengan adanya rebab membuat nada musik tari jaipong menjadi lebih hidup dan lebih enak ketika dinikmati.

Gong

Gong merupakan sebuah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Dengan suara dentumannya yang keras gong memiliki karakter suara yang khas. Walau tak terlalu sering ditabuh gong memiliki peran yang cukup penting dalam setiap penampilannya.

Kecrek

Selain sering digunakan dalam seni tari jaipong kecrek juga merupakan alat musik perkusi yang sering digunakan sebagai pengiring pentas seni wayang kulit. Kecrek adalah alat musik yang membuat suasana menjadi ramai dalam setiap pementasan seni dan yang lainnya.

Kecapi

Ibarat kata saudara sekandung, kecapi merupakan alat musik yang berasal dari daerah yang sama dengan tari jaipong yaitu daerah sunda. Kecapi adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Tidak seperti kebanyakan alat musik uniknya sumber suara yang dihasilkan kecapi berasal dari dawainya.

Itulah sedikit penjelasan mengenai tari jaipong yang berasal dari provinsi jawa barat tersebut. Semoga apa yang kami bagikan bisa menjawab soal pertanyaan anda yang banyak bertanya-tanya tari jaipong dari mana. Diatas juga terdapat foto tari jaipong yang dapat menjadi refrensi anda semua. 

Leave a Reply