Nama-Nama Rumah Adat Sumatera Utara Dan Penjelasannya

rumah adat sumatera utara

http://t-knits.blogspot.com

Indonesia merupakan sebuah negara yang sangat kaya akan budaya, mulai dari suku, tarian, senjata atau bahasa pada setiap daerahnya. Banyak sekali daerah di indonesia yang memiliki keberagaman budaya yang berbeda seperti provinsi sumatera utara misalnya. Dari sekian banyak kebudayaan yang ada rumah adat adalah salah satu yang masih terjaga.

Provinsi yang memiliki ibu kota medan ini adalah daerah yang banyak dihuni oleh orang suku batak. Jelas saja, suku batak merupakan suku asli masyarakat disana. Batak adalah suku terbesar kedua di indonesia setelah suku jawa di pulau jawa. Tak heran bila dalam kelompoknya suku batak dibagi dalam beberapa nama.

Seperti suku batak toba, suku batak karo, suku batak simalungun, suku batak angkola, suku batak pak-pak atau suku batak mandailing. Dimana dalam segi budaya mereka memiliki karakter yang berbeda-beda. Hal ini bisa dilihat dari bentuk rumah adat mereka yang tak sama. Untuk mengenal rumah adat mereka lebih dalam mari kita simak penjelasan nama rumah adat sumatera utara berikut ini.

Rumah Adat Sumatera Utara

Suku batak sebagai suku asli masyarakat sumatera utara memiliki bentuk rumah adat yang berbeda-beda dengan masing-masing keunikannya. Berikut ulasan beberapa jenis rumah adat yang ada di sumatera utara dan penjelasannya.

  1. Rumah Adat Karo

rumah adat sumatera utara

akurat.co

Rumah adat karo adalah rumah adat suku batak yang biasa juga disebut sebagai rumah adat siwaluh jabu. Siwaluh jabu memiliki arti rumah yang dihuni oleh delapan orang kepala keluarga. Dimana setiap keluarga mempunyai tugas masing-masing di dalamnya. Yang lebih uniknya lagi adalah dalam hal penempatannya.

Dimana penempatan keluarga karo tidak bisa sembarang saja. Penentu tempat mereka tinggal adalah dengan kepercayaan budaya mereka. Banyak istilah penempatan dalam pemahaman suku batak karo seperti jabu jahe atau jabu hilir, jabu julu atau jabu hulu serta masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Rumah Adat Nias

rumah adat sumatera utara

takaitu.id

Rumah adat sumatera utara yang kedua adalah rumah adat nias. Rumah adat jenis ini adalah rumah adat yang biasa dihuni oleh orang-orang penting suku nias. Seperti kepala desa atau dalam bahasa nias disebut salawa, kepala daerah atau dalam bahasa nias disebut dengan tuhenori, dan masih banyak sebutan-sebutan orang penting lainnya.

Rumah adat nias dibangun menyerupai panggung, dengan menggunakan kayu nibung rumah adat nias tinggi menjulang menjungjung. Rumah ini dibangun dengan beberapa bentuk, ada yang berbentuk bulat, ada juga yang berbentuk persegi panjang. Bergantung di daerah mana rumah adat nias ini dibangun.

  1. Rumah Adat Mandailing

rumah adat sumatera utara

batak-network.blogspot.com

Rumah adat yang ketiga adalah rumah adat mandailing. Seperti namanya rumah adat mandailing merupakan rumah adat suku mandailing. Suku yang berbatasan langsung dengan provinsi riau. Rumah jenis ini merupakan rumah yang bisa lebih mudah dijumpai pada kabupaten mandailing natal. 

Rumah adat mandailing juga biasa disebut dengan rumah bagas godang. Bagas dalam bahasa setempat memiliki arti rumah, dan godang dalam bahasa setempat memiliki arti banyak. Berikut dibawah ini adalah gambar rumah adat sumatera utara mandailing.

  1. Rumah Adat Bolon

rumah adat sumatera utara

sportourism.id

Dari sekian banyak rumah adat yang ada di sumatera utara hanya rumah adat bolonlah  yang telah diakui di indonesia. Maka tak heran jika banyak orang yang berpemahaman bahwa rumah adat sumatera utara adalah rumah adat bolon. Selain kata bolon rumah adat ini juga biasa dipanggil dengan sebutan rumah balai batak toba. Dengan gaya rumah panggung rumah bolon memiliki bentuk persegi panjang.

Rumah panggung memiliki tujuan agar ruangan bagian bawah dapat dimanfaatkan untuk memelihara hewan peliharaan seperti ayam babi kambing dan sebagainya. Hampir seluruh bagian rumah ini terbuat dari bahan yang diambil dari alam. Pada umumnya rumah adat bolon ditempati oleh beberapa keluarga yang hidup bersama.

  1. Rumah Adat Pakpak

rumah adat sumatera utara

batak-network.blogspot.com

Selanjutnya adalah rumah adat pak-pak atau biasa juga dipanggil dengan sebutan rumah adat dairi. Rumah adat provinsi sumatera utara jenis ini merupakan rumah adat yang memiliki ciri khas tersendiri. Bagian dinding yang menggunakan kayu dan atap yang memanfaatkan ijuk menjadi karakter rumah ini.

Selain sebagai wujud seni budaya masyarakat setempat hal ini juga sebagai bentuk penyampaian nilai-nilai filosofi yang terkandung di dalamnya. Tak berbeda jauh dengan rumah adat sumatera utara pada umumnya rumah adat pak-pak juga menggunakan tangga dan tiang penyangga sebagai ciri khasnya.

  1. Rumah Adat Melayu

rumah adat sumatera utara

budayalokal.id

Berdampingan dengan orang suku batak, di sumatera utara anda juga bisa menemui orang melayu pada beberapa tempat. Seperti Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Langkat, Kabupaten Batu Bara, atau Kabupaten Labuhan. Keberadaan orang melayu cukup memiliki peran di kota medan yang merupakan kota terbesar ketiga di indonesia.

Maka tak heran kebudayaan melayu cukup berkembang pesat pertumbuhannya disana. Mengenai bentuk pada umumnya rumah adat melayu deli memiliki  lantai dan dinding yang terbuat dari papan serta bagian atap yang memanfaatkan daun ijuk.

  1. Rumah Adat Angkola

rumah adat sumatera utara

www.pariwisatasumut.net

Perlu kita pahami bahwa angkola merupakan kelompok yang berdiri sendiri. Banyak yang beranggapan bahwa kelompok angkola dan suku mandailing adalah sama. Namun nyatanya banyak sekali perbedaan antara keduanya. Rumah adat angkola juga seringkali dinamai dengan sebutan bagas godang seperti halnya rumah adat suku mandailing.

Namun ada beberapa segi yang berbeda antara dua rumah adat tersebut. Hal yang paling mudah dibedakan adalah  dominan warna rumah adat angkola yang berwarna hitam.

  1. Rumah Adat Simalungun

rumah adat sumatera utara

tendenciaskriativas.blogspot.com

Simalungun merupakan suku atau etnis yang berpopulasi di kabupaten simalungun dan kota pematang siantar. Rumah adat simalungun juga seringkali disebut dengan rumah adat bolon. Ciri yang paling mencolok pada rumah adat jenis ini adalah bentuk atapnya yang berbentuk limas.

Leave a Reply