Pentingnya Keberkahan Hidup

Dalam setiap kehidupan manusia pasti akan ada fase-fase atau tingkatan pengalaman hidup yang berbeda. Di mana setiap peristiwa secara tidak langsung akan membentuk karakter manusia itu sendiri. Dan lingkunganlah hal yang paling dominan dalam merubah  pola hidup seseorang.

Sejak smp saya sudah terbiasa dengan lingkungan yang bisa dikatakan kurang baik. Saya termasuk anak yang sudah terbiasa bergaul dengan orang yang lebih dewasa, dan kurang tertarik untuk berbaur dengan teman sebaya.

Hal tersebut membuat saya tak asing lagi dengan rokok, minuman keras, dan ekstasi. Semua benda itu perlahan membuat saya menjadi seorang pribadi yang kurang disenangi oleh para orang tua di lingkungan sendiri.

Setiap hari waktu saya lebih banyak di habiskan untuk kegiatan yang tidak berguna seperti bergadang, nongkrong dan sebagainya. Saya pun pernah tertarik untuk bergabung bersama komunitas anak muda seperti punk atau bobotoh (Supporter bola) yang reputasinya di kenal cukup buruk di masyarakat.

Karena terlalu asik dengan dunia komunitas itu saya lupa dengan kewajiban saya sebagai seorang pelajar dan membuat diri saya di keluarkan dari sekolah. Keakraban saya dengan minuman keras dan ekstasi mengantarkan saya pada pergaulan dengan jangkauan yang lebih luas lagi.

Pentingnya Keberkahan Hidup

Banyak orang yang saya kenal dengan bermacam macam karakter dan latar belakang yang berbeda namun mempunyai hobi yang sama yaitu mabuk dan seterus nya. Dalam benak saya waktu itu semakin nakal maka akan semakin di kenal dan di segani.

Saya kira hal itu pulalah yang ada dalam kepala anak muda yang bangga dengan dunianya yang kelam. Saya juga pernah mencoba untuk mengambil keuntungan dari barang-barang terlarang yang saya konsumsi dengan mencoba berjualan ekstasi ganja dan sabu. Perlahan namun pasti usaha haram ini semakin besar.

Saya bisa membeli banyak barang yang saya inginkan seperti motor pakaian mewah dan masih banyak lagi. Seolah puas dengan apa yang sudah di dapatkan saya semakin lupa diri dan tidak lagi memperdulikan apa kata orang tua dan keluarga.

Semua barang itu semakin membuat saya takabur saya menjadi seorang egois dan sombong. Hidup saya hanya di penuhi dengan mabuk dan judi Jangankan untuk beribadah untuk shalat idul fitri saja saya tidak sempat.

Bukan tanpa masalah sempat beberapa kali berurusan dengan pihak berwajib bukan menjadikan diri saya jera malah menjadikan diri saya semakin menjadi. Kehidupan saya semakin parah dan penuh dengan kemaksiatan saya menganggap bisa mendapatkan apa saja dengan narkoba Dua tahun lamanya saya asik dengan dunia hitam itu.

Muncul Berbagai Masalah

Pentingnya Keberkahan Hidup

Pertama berkecimpung dalam bisnis haram ini saya adalah seorang yang jujur lama kelamaan saya menjadi pribadi yang rakus sampai mengkhianati salah satu bos. Hal itu membuat saya sulit untuk mendapatkan pasokan barang yang saya inginkan.

Berjalannya waktu mulailah muncul problema-problema dalam kehidupan saya. Ketika saya terbangun dari tidur saya kehilangan uang dengan jumlah yang cukup banyak. Disamping goncangnya keuangan saya Hal itu membuat keretakan hubungan saya dengan salah satu teman.

Dulu saya menganggap dengan mempunyai banyak uang saya bisa hidup bahagia ternyata tidak selalu demikian. Dalam rumah tanggapun sering sekali terjadi perselisihan dengan berbagai alasan saya dan keluarga kecil yang sangat saya sayangi harus berpisah tempat tinggal.

Mulai banyak orang tahu tentang bisnis haram saya itu. Saya mulai merasa terancam hati saya mulai gelisah pikiranpun di penuhi dengan rasa takut. Seakan permasalahan datang silih berganti saya merasa di tinggal pergi oleh orang-orang yang saya sayangi.

Tidak Ada Ketenangan Dalam Hidup

Pentingnya Keberkahan Hidup

Sewaktu kecil saya pernah mengenyam pendidikan pondok pesantren yahhh walau pun hanya 12 bulan. Terkadang di saat hati merasa sepi datang panggilan hati untuk kemabali shalat dan mengaji.

Puncaknya pada suatu malam saya mendengar daerah tempat saya tinggal kedatangan aparat polisi dari polda bandung yang bertamu di rumah salah seorang warga.

Firasat saya semakin buruk saya pergi ke suatu tempat yang gelap sepi dan tidak berpenghuni untuk menenangkan hati. Lewat sambungan telepon saya menghubungi seorang kerabat untuk meminta bantuan.

Saya di bawa pergi ke tempat yang belum pernah saya singgahi untuk bersembunyi. Benar saja keesokan harinya saat terbangun dari tidur tertulis pada layar handphone satu panggilan tak terjawab. Sayapun berniat menghubungi nya kembali.

Saya “ hallo maaf ini siapa yah ”

Polisi “ lah kamu siapa “

Saya “ maaf nomer ini menghubungi saya jam 02:00 pagi “

Polisi “ oh iya apa betul ini dengan saudara andri? Saya anggota dari polsek karangampel (misal) “

Sontak sambungan telpon tadi membuat saya sangat takut dan gemetar sayapun bergegas pergi menjauh dari tempat itu. Karena saya masih butuh informasi yang jelasnya seperti apa saya memutuskan untuk pergi tidak terlalu jauh dari kecamatan tempat saya tinggal.

Keesokan harinya saya mempunyai janji dengan salah seorang teman dari dekat rumah saya untuk bertemu di salah satu tempat di pantura. Ketika saya menuju titik yang sudah di tentukan keanehan terjadi banyak sekali razia polisi di sepanjang jalan yang saya lalui.

Walaupun demikian teman saya yang menyetir motor waktu itu adalah orang asli pribumi dia tahu caranya memotong jalan agar tetap sampai ketempat tujuan.

Saat titik yang di maksud sudah dekat terlihat ada sebuah mobil mewah berwarna silver berplat nomer bandung berhenti di bahu jalan dengan memasang lampu tanda bahaya.

Menurut keterangan kebanyakan orang yang seprofesi dengan saya kebanyakan dari mereka di tangkap oleh aparat yang berasal dari bandung. Benar saja setelah mata saya tidak bisa melihatnya lagi tiba-tiba saja mobil itu datang dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Saya berfikir kalau betul dalam mobil itu adalah aparat lebih baik saya pasrah. Saya menyuruh teman saya untuk berhenti di indomart yang sudah terlihat dari kejauhan.

Namun kenyataan berkata lain bukan berhenti di indomart tanpa sengaja teman saya malah membelokkan motornya ke jalan yang berada di samping indomart.

Berniat untuk mengelabui saya melompat dari motor serta menyuruh teman saya untuk tetap melaju. Saya berlari di kebun belakang rumah warga dengan penuh kekhawatiran saya mencari akal agar bisa pergi atau tidak ketahuan oleh kejaran mereka.

Sempat berfikir untuk terjun dan bersembunyi di rawa-rawa tiba-tiba ada sorang ibu membuka pintu belakang rumahnya sambil memberikan kode kepada saya. Entah apa yang ingin dia sampaikan, dengan wajah pucat dan badan yang gemetar saya datang menghampiri ibu itu.

Pentingnya Keberkahan Hidup

Sambil menangis saya memohon kepada ibu itu untuk mau membantu menyembunyikan saya. Setelah di persilahkan masuk saya langsung menuju kamar mandi rumah itu untuk bersembunyi.

Sempat beberapa kali ditanya “ memangnya apa yang terjadi ? “ saya hanya menjawab “ tolong jangan tanyakan hal itu sekarang saya tidak kuat untuk berkata-kata dan menjawabnya. “

Ternyata rumah yang saya tempati waktu itu adalah rumah yang juga di gunakan para polisi itu berhenti dan mencari saya. Sungguh tidak masuk di akal saya kira seandainya tidak ada keajaiban saya tidak akan selamat.

Setelah para polisi pergi saya menceritakan semuanya kepada bapak dan ibu pemilik rumah. Selesai mendengar apa yang saya ceritakan tiba-tiba terjadi perdebatan di antara mereka apakah mereka akan tetap menyembunyikan saya dalam rumah itu atau tidak.

Agar tidak lebih membebankan keluarga yang sudah mau menolong saya, Saya memutuskan untuk memberanikan diri agar segera pergi dari rumah itu detik itu juga. Dalam keadaan yang sangat panik serta di hantui rasa ketakutan saya naik bis antar kota.

Dalam perjalanan pelarian saya merasa semua orang di sekitar saya seakan-akan adalah seorang polisi. Hidup saya menjadi tidak tenang, saya selalu berpindah-pindah tempat untuk menghidari kejaran petugas. Saya mempunyai cukup uang namun uang itu bagaikan tidak berarti.

Bukan membantu hampir semua orang terdekat saya dulu seakan-akan malah ikut menyerang saya dari belakang. Yang awalnya saya kira selama satu tahun saya baru bisa pulang alhamdulilah setelah tiga bulan saya sudah bisa kembali ke kampung halaman dengan aman.

Hikmah

Pentingnya Keberkahan Hidup

Perjalanan itu sungguh sangat menyengsarakan namun terdapat banyak pelajaran yang bisa di petik. Bahwa tidak ada persahabatan dalam dunia hitam. Bahwa tidak ada persahabatan tanpa di dasari dengan iman.

Bahwa kesenangan dunia hanya bersifat sementara. Bahwa kemaksiatan yang kamu lakukan adalah awal dari kehancuran hidup mu sendiri. Uang bukan segalanya yang terpenting adalah ketenangan hati bagaimana cara kita agar bisa mendekatkan diri kepada pemilik dunia ini.

Sejak saat itu saya berusaha menjadi manusia yang lebih baik lagi di mulai dengan memperdalam ilmu agama serta menjalankan ibadah yang sudah lama saya tinggalkan.

Dengan agama saya mengerti bahwa mengapa ketika dulu saya bermaksiat saya memperoleh semua yang saya inginkan. Itu adalah istid’raj cara allah untuk menghukum hambanya yang ahli maksiat dengan melapangkan rizkinya hingga dia merasa berada pada puncak kejayaannya lalu allah jatuhkan dia.

Dengan agama saya mengerti bahwa berusaha tidak harus menghalalkan segala cara karena rizki sudah ada takaran nya. Dengan agama saya mendapat ketenangan hati yang tak ternilai.

Dalam proses merubah hidup memang tidak mudah di mulai dari meninggalkan kebiasan yang dulu saya lakukan. Meninggalkan lingkungan tempat dulu saya bergaul. Berusaha berbaur dengan orang-orang yang rajin beribadah.

Memang sulit untuk menjalankan itu semua namun apabila kalian sudah merasakan nikmat nya iman maka kalian tidak akan mau kembali pada kemaksiatan. Untuk menguatkan tekad saya, saya selalu mengingat kata-kata ulama besar buya hamka.

Untuk mu yang sedang berhijrah

Berlarilah dalam hijrah mu

Jika kau merasa lelah maka berjalanlah

Jika kau tak kuat lagi maka merangkaklah

Jangan pernah kau berbalik arah ataupun diam

Di samping berusaha sayapun selalu berdoa seperti doa yang sudah di ajarkan rasulullah. yaa allah yang maha membolak balikan hati tetapkanlah hati ku di atas agama mu. Jika untuk hidup di dunia kita menyiapkan segalanya dengan sungguh sungguh lalu apa yang sudah kita persiapkan untuk akhirat nanti.

Leave a Reply