Nama Rumah Adat Jawa Tengah Beserta Gambar Dan Penjelasannya

rumah adat jawa tengah

berbol.co.id

Jika kita membicarakan keunikan yang ada di indonesia rasanya tidak akan pernah ada habisnya. Indonesia memang identik dengan kekayaan budayanya. Dari sekian banyak hal unik yang ada di indonesia keberagaman rumah adat adalah salah satunya. Ada Rumah Adat Papua, Rumah Adat Bali, Rumah Adat Jawa Timur, Rumah Adat Jawa Tengah Dan lain sebagainya.

Saat ini kebanyakan orang hanya mengerti bahwa rumah adat di jawa tengah adalah joglo. Padahal sesungguhnya rumah adat di daerah penghasil bawang terbesar ini ada berbagai macam jenisnya. Dimana masing-masing jenis rumah adat tersebut memiliki karakter yang berbeda. Di jawa tengah biasanya rumah adat bukan hanya sekedar menjadi simbol kebudayaan, namun seringkali juga menjadi alat ukur strata sosial.

Untuk lebih menambah wawasan serta pengetahuan dan melestarikan budaya tanah air tercinta tak ada salahnya jika anda sedikit mengenal lebih dalam rumah adat jawa tengah. Ada beberapa jenis rumah adat yang bisa anda tahu lebih dalam disini, namun sebelum kita mengulasnya lebih jauh ada baiknya anda mengerti mengenai sejarah rumah adat itu sendiri. Hal ini bertujuan agar anda paham tentang perkembangan rumah adat di jawa tengah tersebut.

Sejarah Rumah Adat Jawa Tengah

Mungkin kita banyak yang tidak mengerti mengenai sejarah rumah adat di jawa tengah. Kebanyakan dari kita hanya mengerti soal macam jenis rumah adatnya saja. Kali ini kita akan coba membahas histori rumah adat jawa tengah agar kedepannya kita faham tentang sejarahnya juga. Karakter bangunan rumah joglo biasanya kental sekali dengan karakter arsitektur jawa.

Namun pernah terfikirkah oleh anda bahwa sebenarnya bangunan tersebut banyak dipengaruhi oleh budaya agama. Hal ini bisa terjadi karena memang dahulu di pulau jawa banyak pemeluk agama Hindu Budha. Ajaran agama yang dipilih oleh masyarakat jawa tengah tersebut banyak mempengaruhi keadaan sosial warganya. Selain keadaan sosial hal ini juga berimbas pada arsitektur rumah adat mereka.

Fakta tersebut bisa anda buktikan dengan memperhatikan bangunan rumah adat yang ada. Jika kita ingin mengetahui rumah adat yang asli maka kita bisa menilik Pura penganut agama hindu yang berasal dari india. Hal ini disebabkan perkembangan agama hindu pada masa itu yang sangat merajalela. Lambat laun hal ini berpengaruh pada kondisi lingkungan yang ada.

Pengaruh tersebut tidak hanya berpengaruh pada sisi budaya yang menjadi tradisi masyarakat sekitar. Namun juga berpengaruh pada bentuk rumah adatnya yang menjadi kebanggaan. Karakternya yang menyerupai Pura di india merupakan peninggalan umat hindu indonesia di masa lampau. Setelah berkembangnya zaman sekarang terdapat banyak jenis rumah adat  jawa tengah yang berbeda.

Hal ini dianggap sebagai bentuk penyesuaian terhadap perubahan zaman yang ada. Oleh sebab itu maka jangan heran jika terdapat rumah adat joglo yang berbeda bentuk antara satu dengan yang lainnya.

Macam-Macam Jenis Rumah Adat di Jawa Tengah

Baru saja di atas kita telah mengulas soal sejarah rumah adat jawa tengah joglo. Kali ini kita akan coba membahas mengenai macam dan jenis rumah adat yang ada di jawa tengah. Kebudayaan di indonesia memang sangat banyak, hal ini bisa dilihat dari jenis rumah adat di jawa tengah yang begitu melimpah.

Fakta ini juga tentu menambah daftar kekayaan budaya kita. Keberagaman inilah yang harus selalu kita jaga kedepannya. Jangan sampai nanti kita kehilangan semuanya. Apalagi sekarang budaya asing telah merambah masuk kedalamnya. Khawatir jika keadaan ini terjadi secara terus menerus maka justru akan menghapus budaya lokal yang ada.

Untuk itu sebaiknya kita mulai belajar melestarikan budaya sekarang juga. Salah satu caranya adalah dengan mempelajari budaya yang ada. Berikut dibawah ini adalah jenis-jenis rumah adat khas jawa tengah yang bisa kita pelajari.

Rumah Adat Limasan

rumah adat jawa tengah limasan

tendenciaskriativas.blogspot.com

Rumah adat jawa tengah yang pertama adalah rumah adat jawa tengah yang disebut Limasa. Bagian atas atau atap rumah ini mempunyai empat sisi yang membentuk limas. Itulah sebabnya mengapa rumah ini biasa dikenal dengan sebutan rumah adat Limasa. Rumah adat jenis ini adalah rumah adat yang mudah ditemui di daerah jawa tengah dan sekitarnya.

Seperti kebanyakan rumah adat pada umumnya, rumah adat limas juga ada banyak jenisnya. Contohnya seperti rumah adat Limas Gajah Mungkur, Lambang Sari, Klabang Nyender, dan masih banyak lagi yang lainnya. Setiap rumah adat pada umunya rumah tersebut selalu berbeda bentuknya, bergantung pada tipe apa karakter rumahnya. 

Biaya pembuatan rumah adat ini juga tidak terlalu mahal karena bahan yang digunakan sama seperti rumah kebanyakan. Itulah sebabnya rumah limas juga sering kali dimiliki oleh penduduk desa.

Rumah Adat Joglo

rumah adat joglo

www.kompasiana.com

Dibandingkan rumah adat jawa tengah lainnya rumah adat jawa tengah  joglo dianggap menjadi rumah adat yang paling populer. Sekarang disana masih cukup banyak terdapat bangunan rumah joglo yang masih jadi trend. Sebab biaya pembuatan rumah joglo yang cukup mahal maka tak banyak orang yang sanggup memilikinya.

Bagian yang mudah dikenali dari rumah adat ini adalah bagian terasnya yang luas serta terdapat empat saka di dalamnya yang jadi penggagas. Empat saka inilah yang menjadi ciri khas  sebagai rumah adat yang kokoh dan selalu berdiri menjulang keatas. 

Rumah Adat Panggang Pe

rumah adat jawa tengah

www.jualo.com

Selain rumah adat joglo ada juga rumah adat jawa tengah yang bernama rumah adat panggang pe. Rumah adat ini cukup dikenal di daerah asalanya jawa tengah. Untuk model bentuknya rumah adat pe memiliki empat sampai enam tiang. Dimana tiang bagian depan selalu lebih pendek dibandingkan tiang bagian belakang.

Biasanya rumah ini difungsikan sebagai toko atau warung. Setelah berkembangnya jaman seperti sekarang rumah adat pe sudah banyak jenisnya yang tak jauh berbeda seperti rumah adat pe cere gancet, Empyak Satangkep, Gedhang Salirang dan Gedhang Setangkep.

Rumah Adat Tajug

rumah adat jawa tengah

http://rummahaddat.blogspot.com

Setiap jenis rumah adat memiliki jenis filosofi yang berbeda. Hampir semua rumah adat jawa tengah memiliki filosofi yang tak sama. Seperti rumah adat Tajug yang akan kita bahas kali ini, rumah adat tersebut merupakan bangunan yang tergolong suci. Sesuai dengan histori bangunan tajug yang sangat akrab dengan sejarah islami. 

Andai kata tajug dibangun sebagai tempat tinggal tentu tidak akan diperbolehkan dan tentu tidak akan ada orang yang setuju. Sebab tajug merupakan tempat yang disucikan serta dibangun untuk tujuan tertentu. Bagaimana tidak rumah adat ini adalah bangunan yang digunakan sebagai tempat ibadah sehari-hari.

Ciri khas rumah tajug adalah bentuk atapnya yang cenderung runcing. Bentuk atapnya yang menyerupai bujur sangkar membuat bangunan tajug semakin istimewa. Tercatat ada begitu banyak tipe rumah tajug yang berbeda. Semuanya ada 13 (tiga belas) jenis tipe rumah tajug jumlahnya.

Rumah Adat Kampung

rumah adat jawa tengah

travel.detik.com

Dari sekian banyak rumah adat jawa tengah rumah adat jenis inilah yang paling mencolok kesenjangannya. Jika dilihat dari segi bentuk rumah adat ini mirip seperti rumah adat panggang pe. Yang membedakannya adalah bagian tiangnya yang menggunakan kelipatan empat. Pada bentuk tiang inilah yang menjadi ciri khas tersendiri.

Jenis rumah adat ini ada beberapa tipe seperti Pacul Gowang, Gajah Ngombe, Kampung Pokok dan lain-lain. Rumah adat jenis ini biasa dimiliki oleh orang-orang kalangan menengah kebawah. Inilah sedikit penjelasan mengenai rumah adat jawa tengah semoga dapat menambah pemahan anda soal berbagai rumah adat yang ada.

Leave a Reply