10 Nama Malaikat Yang Wajib Kita Ketahui Beserta Tugasnya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Pada perjumpaan kali ini kita akan membahas tentang makhluk ciptaan Allah yang mempunyai tugas-tugas yang sangat mulia. Yaitu malaikat, berbeda dengan makhluk yang lain yang Allah ciptakan, malaikat diciptakan dengan menggunakan nur atau cahaya. Malaikat merupakan satu mahluk Allah yang tidak pernah berbuat salah, patuh dan tunduk kepada Allah.

Malaikat hanya melakukan apa-apa yang Allah perintahkan kepada mereka saja. Mereka tidak pernah ingkar ataupun melanggar atas apa-apa yang sudah Allah tetapkan kepada mereka. Ada banyak nama-nama malaikat  dan tugasnya dalam islam, tapi menurut syariat, kita hanya wajib mengetahui dan mengimani sepuluh nama malaikat saja.

Kata malaikat dalam bahasa Arab diambil dari kata malaaikah yang mempunyai arti kekuatan. Sebutan malak ini diambil dari sebutan masdhar al-alukah yang mempunyai arti risalah. Berbeda dengan arti dari sudut pandang istilah, malaikat mempunyai arti mahkluk Allah yang diciptakan dengan nur atau cahaya yang mempunyai sifat tidak terlihat yang senantiasa takwa serta pasrah dalam menjalankan segala tugas atau perintah yang Allah berikan kepadanya.

Malaikat mempunyai ciri dan tabiat yang tak sama dengan makhluk Allah yang lain. Karakter yang ada pada malaikat sangatlah berbeda dengan makhluk Allah lainnya sebagaimana, manusia, jin ataupun iblis. Malaikat tidak mempunyai hawa nafsu dan rasa  berhasrat seperti halnya yang dimiliki manusia ataupun jin.

Malaikat tidak pernah beristirahat, tidak perlu mengkonsumsi makanan dan minuman. Malaikat juga terus menerus mengingat dan menyebut nama Allah SWT. Malaikat adalah ghaib sehingga tidak berwujud dan tidak bisa dilihat secara kasap mata oleh mata manusia. Dalam satu riwayat mengatakan malaikat mempunyai beribu-ribu sayap, yang satu sayapnya mampu menutupi bumi dan langit.

10 Nama Malaikat Beserta Tugasnya

Seperti halnya rasul, sesungguhnya ada banyak jumlah malaikat secara keseluruhan tapi yang mengetahui jumlah pastinya hanyalah Allah semata. Kita hanya wajib mengetahui sepuluh nama saja dari semuanya. Rasulullah bersabda.

“Sesungguhnya aku melihat apa yang tidak kalian lihat, aku mendengar sesuatu yang tidak kalian dengar. Langit merintih… dan layak baginya untuk merintih. Tidak ada satu ruang selebar 4 jari, kecuali di sana ada malaikat yang sedang meletakkan dahinya, bersujud kepada Allah. Demi Allah, andaikan kalian mengetahui apa yang aku ketahui, niscaya kalian akan sedikit tertawa dan sering menangis…” (HR. Ahmad)

Dari hadits di atas kita bisa menyimpulkan bahwa begitu banyak jumlah malaikat yang Allah ciptakan. Berikut ini kita akan belajar tentang nama-nama malaikat beserta tugasnya yang kita diwajibkan untuk mengetahuinya.

  1. Malaikat Jibril

malaikat jibril

www.dream.co.id

Tugas : menyampaikan wahyu.

Kita pasti sudah sering mendengar dan familiar dengan nama malaikat Jibril bukan?. Malaikat ini memiliki tugas penting untuk menyampaikan petunjuk atau wahyu dari Allah SWT untuk  para rasulnya. Disamping itu, malaikat Jibril juga mempunyai pekerjaan yang lain untuk meniupkan roh pada setiap jabang bayi yang masih ada di dalam perut ibunya. Malaikat Jibril meniupkan ruh pada janin saat janin berumur empat bulan.

Saat ini nabi ataupun rasul sudah tidak bisa kita jumpai lagi. Karena, nabi Muhammad telah menjadi nabi dan utusan terakhir dari para rasul. Beliau juga sudah meninggal dunia sejak beratus-ratus tahun lalu lamanya. Kemudian apa pekerjaan Malaikat Jibril apabila sudah tidak ada nabi dan rasul? Sebagian pendapat menyimpulkan bahwa Malaikat Jibril memiliki tugas untuk menyampaikan ilmu. Sebab, wahyu juga menggambarkan bagian dari ilmu.

  1. Malaikat Mikail

malaikat mikail

muslim.or.id

Bertugas : membagikan rejeki

Malaikat berikutnya yakni malaikat Mikail. Tugas penting untuk Malaikat Mikail yaitu memberikan rezeki untuk semua makhluk yang hidup di bumi. Jadi, rizki ini tidak hanya bagi manusia saja. Sebab rupa rizki dari Allah ini berbagai macam..

Disamping membagikan rizki, Malaikat Mikail pula memiliki pekerjaan untuk mengurus hujan, angin, dan juga tumbuhan. Semua itu dikendalikan oleh malaikat Mikail dengan izin Allah SWT.

  1. Malaikat Israfil

malaikat israfil

wow.tribunnews.com

Bertugas : meniup sangkakala

Malaikat nomor tiga yang mesti kita yakini ialah malaikat Israfil. Malaikat Israfil mendapatkan pekerjaan mulia untuk meniupkan sangkakala atas hari kiamat kelak. Sangkakala merupakan sesuatu semacam terompet. Dimana ketiak pemilik alam semesta Allah menyuruh Malaikat Israfil meniup sangkakala yang dimilikinya ketika itulah hari kiamat datang, maka seluruh makhluk hidup yang ada dunia akan musnah dan binasah.

Lalu, Allah akan memberi perintah kepada Malaikat Israfil kembali serta menyuruhnya untuk meniup terompetnya untuk kedua kalinya. Tiupan yang kedua ini bermaksud untuk menghidupkan kembali semua roh makhluk hidup yang nyawanya sudah tercabut sebelumnya. Saat sangkakala bersuara, roh akan kembali ke jasadnya masing-masing dan akan bangkit kembali. Saat inilah yang biasa kita kenal sebagai hari kebangkitan.

  1. Malaikat Izrail

malaikat izrail

www.buktidansaksi.com

Bertugas : mencabut nyawa

Selanjutnya  adalah malaikat yang tidak kalah populer di kalangan khalayak ramai, yakni malaikat pemisah nyawa Izrail. Malaikat izrail sangat dikenal karena memiliki pekerjaan mulia untuk mencabut nyawa seluruh makhluk hidup yang ada di dunia dari raganya. Tidak akan ada satu makhluk hiduppun yang mampu menghindar dari takdirnya jika memang sudah tiba waktunya. Pasti, akan datang malaikat Izrail kepadanya untuk memisahkan ruh dari dari jasadnya.

  1. Malaikat Munkar

malaikat munkar

www.nulis.babe.news

Bertugas : bertanya dalam kubur

Kemudian malaikat yang ke lima adalah malaikat Munkar. Kita semua harus mengerti bahwa kehidupan kita tidak akan berakhir semudah apa yang kita bayangkan. Sesudah wafat dan dimakamkan kita masih harus berurusan Malaikat Munkar yang akan menanyai perihal keimananmu. Malaikat Munkar ini hanya akan mendatangi seseorang yang selalu berbuat keburukan dalam selama hidupnya.

Malaikat Munkar diceritakan akan datang pada manusia yang sudah dikubur, dengan wujud yang menyeramkan. Ia membawa godam sebagai senjata. Jika orang tersebut tak bisa menjawab pertanyaannya, maka manusia tersebut akan dihantam dengan godam hingga hancur. Kemudian dibangkitkan dan ditanyai kembali. Jika masih tidak bisa menjawab, akan dihancurkan lagi. Begitu seterusnya hingga hari kebangkitan tiba.

  1. Malaikat Nakir

malaikat nakir

palembang.tribunnews.com

Bertugas : bertanya dalam kubur

Malaikat Nakir mempunyai pekerjaan yang serupa dengan malaikat Munkar. Berbeda dengan malaikat Munkar, malaikat Nakir hanya bertanya untuk orang-orang yang baik saja. Malaikat Nakir juga menurut riwayat mempunyai rupa yang lebih enak dilihat dibandingkan malaikat Munkar. Dan konon orang yang ditanyai oleh malaikat Nakir hanya orang-orang yang masuk surga saja.

  1. Malaikat Raqib

malaikat raqib

majlisdakwahku.blogspot.com

Bertugas : mencatat amal baik

Selanjutnya merupakan malaikat Raqib yang memiliki pekerjaan mulia untuk mencatat ama amal kebaikan masing-masing manusia selama hidup didunia. Kita harus mengerti bahwa segala sesuatu yang kita perbuat di dunia pasti akan dicatat dan pasti akan mendapat balasan dihari hisab nanti. Maka mari kita semua berusaha selalu berusaha berbuat baik agar semua kita terhindar dari siksa Allah SWT.

فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ

Fa may ya’mal miṡqāla żarratin khairay yarah

Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. (QS.Al-Zalzalah:7)

  1. Malaikat Atid

malaikat atid

www.nurussalamalkhoir.com

Bertugas : mencatat amal buruk

Berbeda dengan malaikat Raqib yang mencatat amal baik, malaikat Atid justru mencatat amal-amal buruk yang dilakukan manusia selama hidup di dunia. Jika pernah terfikir dalam kepala mu untuk berbuat yang tidak baik maka ingatlah bahwa malaikat Atid akan selalu siap mencatat amal buruk mu. Dan jangan pernah kalian lupa wahai manusia bahwa Allah selalu melihat dan mengetahui segala sesuatu yang kau lakukan. Jangan sampai kita rugi saat di akhirat karena semasa di dunia kita selalu berbuat buruk.

وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ

Wa may ya’mal miṡqāla żarratin syarray yarah

Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula. (QS.Al-Zalzalah:8)

  1. Malaikat Malik

malaikat malik

akdajso.blogspot.com

Bertugas : menjaga pintu neraka

Neraka adalah tempat yang Allah janjikan untuk orang-orang yang semasa hidupnya selalu berbuat buruk dan tidak beriman. Dan Allah tugaskan malaikat untuk menjaga pintu neraka seperti apa yang Allah sampaikan dalam Al-Qur’an.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Yā ayyuhallażīna āmanụ qū anfusakum wa ahlīkum nāraw wa qụduhan-nāsu wal-ḥijāratu ‘alaihā malā`ikatun gilāẓun syidādul lā ya’ṣụnallāha mā amarahum wa yaf’alụna mā yu`marụn

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

  1. Malaikat Ridwan

malaikat ridwan

www.wajibbaca.com

Bertugas : menjaga pintu surga

Dari sepuluh malaikat yang wajib kita imani yang terakhir adalah malaikat Ridwan. Kebalikan dari malaikat Malik tugas mulia yang Allah berikan kepada malaikat Ridwan adalah menjaga pintu surga. Seperti firman Allah dalam Al-Qur’an.

وَبَشِّرِ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ ۖ كُلَّمَا رُزِقُوا مِنْهَا مِنْ ثَمَرَةٍ رِزْقًا ۙ قَالُوا هَٰذَا الَّذِي رُزِقْنَا مِنْ قَبْلُ ۖ وَأُتُوا بِهِ مُتَشَابِهًا ۖ وَلَهُمْ فِيهَا أَزْوَاجٌ مُطَهَّرَةٌ ۖ وَهُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: “Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu”. Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya. (QS.AL-Baqarah:25

Sifat-Sifat Malaikat

Setelah kita mengetahui sepuluh nama-nama malaikat yang wajib kita yakini. Alangkah baiknya jika kita juga mengerti sifat wajib bagi malaikat. Dibawah ini merupakan  sifat-sifat wajib bagi malaikat :

  1. Malaikat selalu taat atas perintah Allah SWT dan tidak pernah melalaikannya.
  2. Malaikat selalu disiplin dalam menjalankan perintah Allah, mereka senantiasa bersujud beribadah dan selalu menyebut nama Allah.
  3. Malaikat tidak akan berbuat sesuatu yang Allah SWT larang.
  4. Malaikat akan merasa senang jika melihat seorang manusia selalu beribadah kepada rabbnya.
  5. Malaikat selalu bermohon ampun untuk orang-orang yang beriman.
  6. Seperti hal yang bersifat ghaib lainnya malaikatpun bisa berubah wujud seperti apa yang ia kehendaki atas izin Allah.

Baru saja kita mengetahui nama-nama malaikat beserta tugas-tugasnya, semoga semua ini bisa menjadi sebab bertambahnya keimanan dalam hati kita semua aminnn. Kekurangan adalah milik kita kesempurnaan hanyalah milik Allah. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh . . .

Leave a Reply