14 Manfaat Kurma Muda Bagi Kesehatan Tubuh

Dalam islam kurma merupakan salah satu buah yang di utamakan. Ada beberapa sunah nabi yang menganjurkan untuk mengkonsumsi buah tersebut. Selain mempunyai rasa yang enak kurma juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari mecegah penyakit jantung sampai memelihara kesehatan otak.

Di dalam buah kurma terdapat 14 manfaat yang berguna bagi kesehatan, hal ini  dikarenakan terdapat banyak sekali kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya. Menurut USDA, pada buah kurma terdapat banyak sekali serat, gula ,serta berbagai vitamin dan mineral. Mineral yang terdapat pada buah kurma adalah kalsium, zat besi, fosfor, natrium, kalium, sulfur, magnesium.

Sedangkan vitamin yang terdapat pada buah kurma merupakan vitamin riboflavin, niacin, thiamin, volat, vitamin A, vitamin K, dan vitamin B6. Oleh sebab itu banyak juga manfaat  kurma untuk ibu hamil dan menyusui. Karena banyak kandungan yang terdapat pada buah kurma menjadikan kurma dikategorikan sebagai buah yang penuh manfaat.

Manfaat Kurma Bagi Tubuh

manfaat kurma

tirto.id

Tidak hanya dikonsumsi dengan berbentuk buah saja, kurma juga sudah banyak dimanfaatkan sebagai produk obat maupun makanan. Dengan demikian kita dapat menemui produk-produk buah kurma dengan mudah.

Manfaat sari kurma sahara misalnya, kita bisa mendapatkan jenis kurma ini di berbagai ritel maupun toko terdekat. Di bawah ini merupakan 14 manfaat kurma ajwa yang berguna untuk kesehatan tubuh kita.

  1. Kurma Adalah Sumber Energi

Dalam kurma terdapat gula alami seperti fruktosa, sukrosa dan glukosa. Energy tinggi yang terdapat pada buah kurma bisa dikaitkan dengan kadar gula tinggi. Banyak orang di seluruh dunia mengkonsumsi buah kurma untuk pengganti makanan berat agar menghilangkan rasa lesu dan lapar. Para orang-orang muslim mengawali buka puasa dengan sekedar memakan buah kurma dan segelas air.

Hal ini bertujuan untuk menghindari makan terlalu banyak setelah menahan rasa lapar selama 12 jam lebih. Saat tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang cukup banyak dari buah kurma maka rasa lapar yang berlebih bisa dikendalikan.

  1. Kurma Bisa Memelihara Kesehatan Otak

Dalam sebuah penelitian menurut para ahli mengatakan bahwa buah kurma bisa melindungi otak dari gejala stress oksidatif serta peradangan. Dalam buah kurma terdapat yang cukup baik serta kaya fenolat total dan anti oksidan alami misalnya anthocyanin, asam ferulat, asam protocatechuic dan asam cafeic. Adanya senyawa polifenol tersebut bisa membantu dalam mengobati penyakit Alzheimer.

  1. Dapat Mengobati Sembelit

Pada negara Tunisia terdapat cara tradisional mengobati sembelit dengan menggunakan buah kurma. Dalam penelitian mengenai efek serat pada sembelit diet. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat bisa membantu gerakan usus yang baik serta melalui makanan yang nyaman menggunakan saluran usus.

Pada studi tahun 2005 menyimpulkan bahwa dalam buah kurma terdapat tingkat serat makanan serta tak larut yang tinggi. Serat larut bisa membantu proses pencernaan dan bisa mengurangi gejala sembelit.

  1. Mengobati Gangguan Usus

Di samping terdapat kandungan serat larut dan tidak larut, pada buah kurma juga kaya akan asam amino baik yang berfungsi  untuk menstimulasi makanan juga bisa mempercepat perjalanan makanan melalui usus. Hal tersebut bisa mengoptimalkan penyerapan nutrisi pada saluran pencernaan.

  1. Dapat Mengobati Anemia

kurma adalah buah yang kaya juga akan nutrisi seperti zat besi. Jika tubuh kekurangan zat besi bisa menimbulkan anemia dan dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan kaya zat besi bisa membantu mencegah anemia.

  1. Bisa Mencegah Penyakit Jantung

Dalam sebuah penelitian yang di lakukan oleh Rock W et al. berpendapat bahwa kuma memberikan efek positif untuk asam lemak jenuh dan stress oksidatif. Fakta tersebut sering dihubungkan dengan masalah jantung serta mempunyai potensi mencegah atherogenesis yang tertuju pada penyakit kardiovaskular.

Buah kurma yang dipadukan dengan buah delima yang kaya antioksidan bisa mengurangi resiko terkena penyakit stroke. Keduanya banyak berbagi phytochemical yang juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Berikutnya kurma adalah sumber terdapat banyak potassium. Terbukti kurma bisa mengurangi resiko terkena penyakit strke serta penyakit yang berhubungan dengan jantung lainnya.

  1. Menyembuhkan Lemah Syahwat

Dalam sebuah penelitian pada tahun 2006 mengatakan bahwa buah kurma dan minyaknya bisa meningkatkan fungsi seksual. Tingginya kandungan estradiol dan flavonoid bisa meningkatkan produksi sperma dan motilitas Pada penelitian lainnya yang diadakan di india mengatakan bahwa serbuk sari kurma bisa di gunakan untuk mengobati infertilitas pria yang dilakukan secara tradisional. Kurma adalah afrodisik alami yang hebat.

  1. Mengurangi Resiko Rabun Senja

Kurang asupan vitamin A biasa di hubungkan dengan terkena penyakit rabun  senja. Pada sebuah tulisan yang ditulis oleh HA Hajar Al Binali MD, dalam buah kurma terdapat banyak vitamin A yang bisa  membantu mengurangi kebutaan di malam hari atau rabun senja.

  1. Menetralisir Keracunan Alcohol

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Mahmoudi yang diterbitkan dalam Journal of Organic Systems, buah kurma dan lada biasa digunakan untuk mengurangi racun bir di Nigeria.

  1. Dapat Mengobati Diare Kronis

Pada  sebuah artikel yang dikeluarka oleh Columbia University Medical Center, buah  yang banyak mengandung potasium seperti kurma sangat baik mengobati diare.  Buah kurma juga membantu pencernaan dan bisa meringankan sifat tak terduga pada diare kronis.

  1. Mencegah Kanker Colon

Penelitian yang diadakan oleh prof Dr Jeremy PE Spencer at. Al. menggambarkan bahwa memperbanyak mengkonsumsi buah kurma bisa memelihara kesehatan usus. Dan juga bisa mencegah tumbuhnya kanker kolorektal. Dalam penelitian tersebut juga mengatakan bahwa buah kurma dapat mencegah tumbuhnya tumor tapi mekanisme sesuai masih belum di temukan sehingga masih perlu banyak penelitia lebih lanjut.

  1. Memelihara Kesehatan Tulang

Sebuah pernyataan dikemukakan oleh Julie Garden-Robinson, Ph.D., LRD. (North Dakota University) mengatakan bahwa buah kurma terdapat boron yang juga merupakan salah satu asupan yang bisa memelihara tulang sehat. Pada studi yang dikeluarkan dalam Tinjauan Kritis dalam jurnal Food Science and Nutrition mengatakan bahwa buah-buahan kering bisa memperkuat tulang serta melawan osteoporosis.

Di dalam buah-buahan kering terdapat mineral seperti fosfor, kalium, kalsium, serta magnesium. Dalam kurma organic terdapat selenium, mangan, tembaga, serta magnesium, yang keseluruhannya bisa membantu untuk mengelola kesehatan tulang khususnya pada orang tua.

  1. Baik Untuk Meningkatkan Berat Badan

USDA mengatakan  dalam buah kurma terdapat banyak gula, protein, serta banyak vitamin esensial lainnya semua itu adalah asupan yang bagus untuk program diet kita. Apabila semuanya dikonsumsi dengan pasta mentimun, kita bisa mengendalikan keadaan berat badan kita dengan seimbang dan normal.

Dalam penelitian yang dipraktekan menggunakan hewan yang diadakan pada tahun 2014 menghasilkan bahwa asupan kurma bisa membantu meningkatkan berat badan. Namun penelitian terhadap hewan lain yang diadakan pada tahun 2016 memperlihatkan tidak ada penambahan berat badan. Karena ada dua hasil penelitian yang tidak sama maka masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk meyakinkan fakta tersebut.

  1. . Membantu Mengobati Gejala SAR

Dalam sebuah penelitian yang diadakan pada tahun 2002, senyawa organik sulfur bisa mempunyai efek positif pada keadaan penderitaan dari SAR (Seasonal Allergic Rhinitis). Kurma merupakan buah yang bagus untuk mengurangi efek dari alergi musiman dengan kontribusi sulfur terhadap diet. Salah satu hal yang paling menarik pada buah kurma adalah adanya belerang organik yang terdapat dalam biji mereka.

Leave a Reply