5 Makna Lambang Pancasila Dan Artinya

lambang pancasila

www.flickr.com

Sebagai warga indonesia sudah seharusnya kita faham mengenai sejarah bangsa indonesia dan semua hal yang menyangkut di dalamnya. Termasuk soal arti dasar negara. Walaupun pada kartu tanda penduduk (KTP) sudah jelas kita adalah warga negara indonesia namun itu semua tidak menjamin kita mengerti tentang arti pancasila sebagai dasar negara.

Kali ini kita akan coba membahas mengenai arti lambang pancasila sebagai ideologi dasar negara bangsa kita lengkap beserta arti dan maknanya. Kata pancasila memiliki dua suku kata yakni panca dan sila. Panca yang berarti lima dan sila yang mempunyai arti asas atau prinsip. Pancasila dalam bahasa Sanskerta memiliki arti rumusan serta pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Lima pilar utama dalam susunan pancasila yakni Ketuhanan yang maha Esa. Kemanusiaan yang adil dan beradab. Persatuan Indonesia. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. Serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

Kelima poin tersebut tertera pada pembukaan undang-undang dasar negara 1945 paragraf ke-4. Seperti pancasila yang digambarkan dengan gambar burung garuda. Kelima sila diatas juga memiliki lambang pada masing-masing poinnya.

Gambar Lambang Pancasila sila 1-5

Related image

Arti Lambang Pancasila Sila Ke 1 Sampai 5

Diatas adalah simbol lambang dari kelima poin pancasila. Setelah kita tahu gambar dari masing-masing poinnya kita juga harus mengerti apa maksud dari isi gambarnya. Berikut dibawah ini adalah lambang pancasila dan artinya.

Arti Lambang Pancasila Sila ke 1

Related image

Lambang pancasila pada sila pertama yaitu bintang emas yang memiliki lima sudut dengan perisai hitam pada belakang gambar. Yakni ketuhanan yang maha Esa. Bintang emas digambarkan sebagai simbol cahaya kerohanian bagi seluruh manusia yang hidup di dunia.

Sedangkan warna hitam pada backround gambar melambangkan warna dasar alam atau warna asli alam. Hal ini menunjukan bahwa tuhan adalah sumber dari seluruh alam yang ada dan tuhan sudah ada sebelum segala sesuatu itu ada.

Arti Lambang Pancasila Sila ke 2

Image result for lambang pancasila

Lambang pancasila pada sila kedua yaitu Rantai berbentuk lingkaran dan segi empat yang disusun dengan gelang-gelang kecil sebagi pengaitnya. Kemanusiaan yang adil dan beradab. Gambar rantai yang disusun dengan gelang-gelang kecil menunjukan hubungan antar manusia yang saling membantu dan saling membutuhkan.

Sedangkan rantai berbentuk segi empat menggambarkan seorang laki-laki dan rantai berbentuk lingkaran menggambarkan seorang perempuan. Oleh sebab itu kita sebagai sesama manusia harus saling membantu antara satu dengan yang lainnya.

Arti Lambang Pancasila Sila ke 3

Related image

Lambang pancasila pada sila ketiga yaitu pohon beringin dengan akar yang tumbuh sampai ke dalam tanah. Persatuan Indonesia. Akar yang tumbuh sampai kedalam tanah menggambarkan kesatuan dan persatuan bangsa indonesia.

Sedangkan akarnya yang menyebar kemana-mana menunjukan indonesia adalah negara kesatuan yang memiliki bermacam-macam budaya. Pohon beringin ini juga menggambarkan akar yang kuat yang mampu menopang pohon ini tumbuh besar.

Arti Lambang Pancasila Sila ke 4

Related image

Lambang pancasila pada sila keempat yaitu kepala banteng. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. Banteng digunakan karena banteng merupakan hewan sosial yang senang berkumpul. Hal ini menunjukan musyawarah dimana orang berdiskusi dan berkumpul.

 

Arti Lambang Pancasila Sila ke 5

Related image

Lambang pancasila pada sila kelima yaitu padi dan kapas. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. Padi dan kapas menunjukan sandang dan pangan yang tidak lain adalah kebutuhan pokok bagi seluruh rakyat indonesia tanpa melihat status atau kedudukan seseorang.

Itulah penjelasan dari kelima lambang pancasila dan maknanya sebagai dasar negara kita indonesia. Semoga tulisan ini dapat menjadi refrensi dalam memahami tentang arti lambang garuda pancasila. Semoga kedepan indonesia menjadi negara yang maju dan sejahtera.

Leave a Reply