Koleksi Doa Untuk Pengantin Baru Sesuai Sunnah

 

doa untuk pengantin

sobathijrah.com

Dalam sudut pandang islam pernikahan merupakan suatu ibadah. Dimana di dalamnya terdapat banyak sekali barokah. Kata pernikahan sendiri memiliki arti yang sangat penting, yakni digambarkan dengan kata mitsaqan ghalizha yang berarti janji yang agung. Perihal nikah bukanlah soal tentang  menyatukan dua hati menjadi satu saja, namun juga tentang menyatukan dua keluarga yang berbeda latar belakangnya.

Oleh sebab itu dalam hal ini kita harus memperhatikan banyak faktor yang kita pertimbangkan matang-matang. Seperti misalnya ridho dari kedua orang tua kita dan restu serta doa dari keluarga. Walau kita bisa mendoakan keduanya dengan bahasa seadanya namun ada baiknya jika kita mendoakan mereka dengan apa yang telah Rasul ajarkan kepada kita.

Karena sebaik-baik doa adalah doa yang telah Rasulullah ajarkan kepada kita. Untuk itu berikut dibawah ini merupakan lafadz doa untuk pengantin sesuai sunnah dan ajaran Rasulullah.

Doa Untuk Pengantin Baru

Dari Abu Hurairah RA berkata bahwa Nabi SAW bila mendoakan seseorang yang menikah beliau berdoa :

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِى خَيْرٍ

Latin : Baarakallahu laka wa baaraka alaika wa jama’a bainakumaa fii khayri.

Artinya : ”Mudah-mudahan Allah memberkahi engkau dalam segala hal (yang baik) dan mempersatukan kamu berdua dalam kebaikan.”

Doa ini juga bisa diucapkan oleh masing-masing pasangan nikah dengan mengganti kata jama’ “alaika” yang berarti engkau menjadi “alaina” yang memiliki arti kami.

Dalil Anjuran Untuk Menikah

Maha suci Allah yang telah menciptakan makhluknya berpasang-pasangan. Agar mereka faham bahwa hanya Allah-lah yang tidak memerlukan pasangan. Betapa pentingnya pernikahan sampai-sampai Rasul tidak ingin mangukui seseorang sebagai umatnya jika dia belum menikah.

Dari Aisyah Ra, beliau berkata bahwa Rasul pernah bersabda : ”Nikah itu sunnahku, barang siapa yang tidak suka, maka bukan golonganku !” Dalam Al-Qur’an Allah berfirman :

وَمِن كُلِّ شَىْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Artinya : “Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah.” [QS. Adz Dzariyaat (51):49].

Dalil Jaminan Rejeki Bagi Yang Menikah

Tidak pernah Allah menghendaki kesusahan pada setiap hambanya. Dan Allah janjikan jaminan rejeki yang melimpah bagi siapa saja yang telah menikah. Semuanya Allah berikan hanya agar ada ketenangan dalam jiwa mereka. Hal ini Allah tegaskan dalam surah An-nur ayat 32.

وَأَنْكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ ۚ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Artinya : “Dan nikahkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (nikah) dari hamba-hamba sahayamu laki-lelaki dan hamba-hamba sahayamu perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS. An Nur: 32)

Koleksi Ucapan Doa Untuk Pengantin Bahasa Arab

Pada era modern seperti sekarang ucapan selamat dalam berbagai kesempatan seperti hal yang selalu dibutuhkan. Tidak lengkap rasanya jika kita menghadiri suatu acara namun belum memberi ucapan selamat kepada yang punya hajat. Selain doa sesuai sunnah seperti yang telah diajarkan Rasulullah diatas, ada juga doa lain yang bisa kita ucapkan untuk teman atau kerabat yang telah melaksanakan pernikahan.

Doa ini bersumber dari doa orang-orang soleh yang hendak mendoakan orang-orang terdekat mereka. Walau bukan doa yang telah diajarkan Rasul namun doa ini juga tidak kalah baiknya. Berikut beberapa ucapan atau doa yang bisa kita sampaikan untuk teman dan saudara yang baru saja melangsungkan pernikahannya.

  1. Latin : Allahummagh firlahum warhamhum wabaariklahum fiima razaktahum.

Artinya : ya Allah ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang engkau karuniakan kepada mereka.

 

     2. Latin : Barakallahulaka wa baraka’alaika wa jama’a bainakumaa fii khairiw wa aafiyati.

Artinya : Semoga Allah memberkahi untuk mu semoga Allah menurunkan kebahagiaan atas mu semoga Allah menyatukan kalian berdua dalam kebaikan.

 

     3. Latin : Afthara ingdakumus shoonimuuna wa akalathoaa makumul abraar wa shollat alaikumul malaa’ikah.

Artinya : Telah berbuka disisi kalian orang-orang yang berpuasa dan telah menyantap makanan kalian orang-orang yang baik dan para malaikat telah mendoakan kalian.

Leave a Reply