Inilah Bacaan Doa Untuk Orang Yang Meninggal Dunia

doa untuk orang meninggal

http://www.erabaru.net

Umur manusia merupakan rahasia sang maha pencipta, jika tiba saatnya maka kita akan dipanggil kehadapannya. Kematian adalah hal pasti bagi setiap makhluk yang hidup di dunia. Kemudian hal baik apakah yang bisa kita lakukan untuk saudara-saudara kita yang sudah mendahului kita? Yang bisa kita perbuat untuk membantu atau menyenangkan mereka adalah dengan mendoakannya.

Dengan bermohon kepada sang maha pemurah semoga bisa meringankan beban arwah yang sedang berada di alam kuburnya. Mendoakan mayit atau orang yang sudah meninggal merupakan hal yang sangat dianjurkan. Terlebih lagi jika orang yang meninggal tersebut merupakan orang tua atau orang terdekat kita sendiri. Untuk itu disini kita akan coba membahas mengenai doa untuk orang yang sudah meninggal, berikut penjelasannya.

Doa saat mendengar kabar orang meninggal

Seperti isi dalam salah satu ayat surah Al-Baqarah, apabila kita ditimpa suatu musibah maka kita harus bersabar serta berkata:

 إِنَّا لِلَّـهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

Innalillahi wa innailaihi raajiuun.

Artinya: Sesungguhnya semua ini hanyalah milik Allah, dan hanya kepadanya kami kembali.

Doa Untuk Orang Meninggal Laki-Laki / Mayit Laki-Laki

Tidak ada yang mereka harapkan kecuali doa, umumnya doa bisa bermacam-macam modelnya, namun ada beberapa doa khusus yang telah rasul ajarkan kepada kita untuk orang-orang yang sudah meninggal dunia. Berikut dibawah ini adalah doa untuk orang meninggal sesuai sunnah.

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ. اَللهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا وَمَيِّتِنَا وَشَاهِدِنَا وَغَائِبِنَا وَصَغِيْرَنَا وَكَبِيْرَنَا وَذَكَرِنَا وَاُنْثَانَا. اَللهُمَّ مَنْ اَحْيَيْتَهُ مِنَّا فَاَحْيِهِ عَلَى اْلاِسْلاَمِ وَمَنْ تَوَفَّيْتَهُ مِنَّا فَتَوَفَّهُ عَلَى اْلاِيْمَانِ. اَللهُمَّ لاَتَحْرِمْنَا اَجْرَهُ وَلاَتُضِلَّنَا بَعْدَهُ بِرَحْمَتِكَ يَآاَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. 

Bacaan Latinnya: Allaahummaghfirlahu warhamhu wa’aafihii wa’fu anhu wa akrim nuzu lahu wa wassi’ madkholahu waghsilhu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqihi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadhu minaddanasi wa abdilhu daaron khoiron min daarihi wa ahlan khoiron min ahlihi wazaujan khoiron min zaojihi wa adkhilhuljannata wa ‘aidzhu min ‘adzaabilqobri wafitnatihi wamin ‘adzaabinnaari. Alloohummaghfir lihayyinaa wamayyitinaa wasyaahidinaa waghooibinaa washoghiironaa wakabiironaa wadzakarinaa wauntsaana. Alloohumma man ahyaitahu minnaa fa ahyihi ‘alal islaami waman tawaffaitahu minnaa fatawaffahu ‘alal iimaani. Alloohumma laa tahrimnaa ajrohu walaa tudhillanaa ba’dahu birohmatika yaa arhamar roohimiina. Walhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin.

Artinya: Wahai Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskan lah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskan lah jalan masuknya cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami (istri) yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia kedalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka. Wahai Allah berikanlah ampun, kami yang masih hidup dan kami yang telah meninggal dunia, kami yang hadir, kami yang ghoib, kami yang kecil-kecil kami yang dewasa, kami yang pria maupun wanita. Wahai Allah, siapapun yang Engkau hidupkan dari kami, maka hidupkanlah dalam keadaan iman. Wahai Allah janganlah Engkau menghalangi kami, akan pahala beramal kepadanya dan janganlah Engkau menyesatkan kami sepeninggal dia dengan mendapat rahmat-Mu wahai Tuhan lebih belas kasihan. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

Doa Untuk Orang Meninggal Perempuan / Mayit Perempuan

Doa diatas merupakan doa untuk orang yang meninggal laki-laki, sedangkan doa untuk orang yg meninggal perempuan berbeda cara pembacaannya. Walau demikian doa tersebut memiliki arti yang sama. Cara membacanya adalah dengan mengganti harakat Dhomah menjadi harakat Fathah. Seperti kalimat Allahummaghfirlahu menjadi Allahumaghfirlaha.

doa untuk orang meninggal

hikmahdoaz.blogspot.com

Latin: Allahummaghfirlaha warhamha wa ‘aafihi wa’fu ‘anha wa akrim nuzulaha wa wassi’ mudkhalaha waghsilha bilmaa`i wats tsalji wal baradi wa naqqihi minal khathaayaa kamaa naqqaitats tsaubal abyadla minad danasi wa abdilha daaran khairan min daarihi wa Ahlan khairan min ahlihi wa zaujan khairan min zaujihi wa adkhilhal jannata wa a’idzhu min ‘adzaabil qabri au min ‘adzaabin naar. Alloohummaghfir lihayyinaa wamayyitinaa wasyaahidinaa waghooibinaa washoghiironaa wakabiironaa wadzakarinaa wauntsaana. Alloohumma man ahyaitaha minnaa fa ahyihi ‘alal islaami waman tawaffaitaha minnaa fatawaffaha ‘alal iimaani. Alloohumma laa tahrimnaa ajroha walaa tudhillanaa ba’daha birohmatika yaa arhamar roohimiina. walhamdulillaahi robbil ‘aalamiin.

Jika kita belum bisa menghafal atau belum dapat melafadzkannya, kita juga bisa mendoakan mereka dengan cara menyebut nama mereka kemudian memohonkan ampun untuknya. Maka tidak masalah jika kita berdoa dengan bahasa yang kita pahami sendiri.

Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal Dunia

Sebagai bentuk rasa berbakti kita untuk orang tua yang sudah meninggal dunia adalah dengan membaca doa untuk mereka. Berikut dibawah ini merupakan doa untuk orang tua meninggal dunia.

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَرْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Rabbigfirlii wali waa liday ya war hamhumaa kamaa rabbayaa niishaghiiraa.

Artinya: Ya Allah ampunilah aku dan bapa ibuku, dan sayangilah mereka sebagaimana mereka telah menyayangi aku diwaktu kecil.

Demikianlah sedikit ulasan kita mengenai doa untuk orang meninggal dunia. Semoga apa yang telah kita ketahui dapat menambah nilai-nilai keimanan dalam hati kita semua. Kesempurnaan adalah milik Allah kekurangan adalah milik saya, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Leave a Reply