Bacaan Doa Selamat Dunia Akhirat Dan Pengertiannya

Keselamatan dunia merupakan hal yang paling diharapkan oleh setiap manusia, terlebih lagi keselamat akhirat yang merupakan kehidupan abadi setelah kita mati. Harus kita sadari, bahwa tidak ada yang dapat menjamin keselamatan kita di akhirat nanti kecuali tuhan sang pemilik hari pembalasan. Tiada daya tiada upaya yang kita miliki selain kekuatan darinya.

Dialah Allah yang maha berkehendak atas segala sesuatu. Oleh sebab itu kita sebagai makhluk ciptaan Allah harus banyak-banyak memohon ridho dan keselamatan darinya. Bahkan dalam satu riwayat mengatakan, ketika Rasulullah sedang bersama dengan para sahabat beliau bertanya kepada mereka.  “Tahukah kalian orang yang sombong?”.

Sahabat kembali bertanya “Bagaimanakah orang yang sombong itu ya Rasulullah?” Rasul menjawab “Orang yang sombong adalah orang yang merasa mampu dan tidak pernah memohon/ berdoa kepada tuhannya”. Berdoa merupakan bentuk berserah diri seorang hamba kepada tuhannya, dan Allah sangat menyukai orang-orang yang berserah diri. Dalam Al-Qur’an surah Al-A’raf ayat 55-56 Allah berfirman.

ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ وَلَا تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَاحِهَا وَادْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا ۚ إِنَّ رَحْمَتَ اللَّهِ قَرِيبٌ مِنَ الْمُحْسِنِينَ

Ud’ụ rabbakum taḍarru’aw wa khufyah, innahụ lā yuḥibbul-mu’tadīn Wa lā tufsidụ fil-arḍi ba’da iṣlāḥihā wad’ụhu khaufaw wa ṭama’ā, inna raḥmatallāhi qarībum minal-muḥsinīn

Artinya: Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.

Bacaan Doa Selamat

doa selamat

www.wajibbaca.com

Banyak jenis doa yang biasa digunakan oleh setiap orang, baik doa yang pendek ataupun doa yang panjang pembacaannya. Semua itu tidak menjadi ukuran terkabul atau tidaknya sebuah doa, yang terpenting adalah kesungguhan dan pengharapan kita dalam memanjatkan doa tersebut. Doa-doa ini bisa diambil dari Al-Qur’an, dari hadits-hadits Rasulullah ataupun dari doa-doa orang sholeh terdahulu. Berikut ini doa yang biasa kita sebut dengan doa selamat.

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِى سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allahumma innaa nasaluka salaamatan fidiin wa ‘aafiyatan fil jasadi wa ziyadatan fil ilmi wa barokatan fir rizki wa taubatan qoblal mauti wa rohmatan ing’dal mauti wa maghfirotan ba’dal maut. Allahumma hawiwin alainaa fii sakaratil mauti wan najaata minannaar wal afwa ing’dal hisaab.

Yang artinya: Ya Allah sesungguhnya kami memohon kepadamu keselamatan dalam agama, kesehatan dalam tubuh, bertambah dalam ilmu, dan keberkahan rizki, taubat sebelum mati, mendapat rahmat sebelum mati, dan mendapat pengampunan sesudah mati, Ya Allah Ya tuhanku ringankanlah saya dari sakaratul maut, lepaskan dari api neraka, Dan mendapat maaf ketika dihisab,

Bacaan Doa Selamat Dunia Akhirat

Tugas kita sebagai seorang hamba hanyalah berusaha, yang akan menetukan hanyalah Allah tuhan yang telah menciptakan kita semua. Karenanya disamping berusaha marilah kita juga berdoa untuk segala kebaikan pada diri kita. Berikut doa memohon keselamatan dunia dan akhirat atau biasa juga disebut dengan doa sapu jagad yang paling sering dibacakan oleh kebanyakan orang.

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Robbanaa atinaa fid dunyaa hasanah wa fil akhirati hasanah wa qinaa adzaaban naar

Yang artinya: Ya Allah ya Tuhan Kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka (adzab neraka).

Bacaan Doa Selamat Surah Al-Baqarah

doa selamat

wallpaperscraft.com

Ada doa yang ditunjukan bagi dirinya sendiri, ada juga doa yang ditunjukan untuk banyak orang atau umum. Setiap manusia pasti membutuhkan keselamatan, apa artinya banyak harta namun tidak memperoleh selamat. Ada orang yang kaya namun hidup terasa menderita karena ditempa banyak masalah.

Ada juga orang sederhana namun terasa tentram dan bahagia karena selalu berserah diri kepada sang pencipta. Karena kebahagian bukanlah soal perkara harta. Berikut doa selamat yang dikutip dari surah Al-Baqarah ayat 286.

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَّسِيْنَا أَوْ أَخْطَأْنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَاۗ أَنْتَ مَوْلٰنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Rabbana lla tuakidznaa in nasiinaa aw akhto’naa, robbanaa wa laa tahmil alainaa isron kamaa hamaltahu’ alal ladziina min qoblinaa, robbanaa wa laa tuhammilnaa maa laa too qotalanaa bih, wa’fu annaa, wag fir lanaa, war hamnaa, anta maulanaa fansur naa alal qowmil kaafiriin.

Ya Allah, janganlah engkau siksa kami karena Kami lupa atau bersalah, Ya Allah, jangan bebankan pada kami beban berat seperti Engkau bebankan pada orang‐orang sebelum Kami Ya Allah, janganlah Engkau pikulkan pada kami apa yang mana tidak sanggup untuk kami pikul. Ampunilah dan maafkanlah kami, serta rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami untuk mengalahkan orang‐orang kafir. (QS. Al‐Baqarah: 286)

Bacaan Doa Selamat Setelah Shalat

doa selamat

www.dakwahpost.com

Waktu berdoa tidak dibatasi, dimanapun dan kapanpun kita dihimbau untuk selalu berdoa kepada sang maha pengabul doa. Dalam salah satu hadits nabi Muhamad SAW bersabda: “Berdoalah kalian walau hanya perkara garam”. Dari hadits ini kita diingatkan untuk selalu menyerahkan semua permasalahan hidup kita kepada Allah SWT.

Nabi juga memberikan kisi-kisi waktu mustajab untuk berdoa, diantaranya adalah sehabis shalat fardhu. Berikut doa yang bisa kita amalkan saat selesai menunaikan shalat wajib lima waktu.

رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Robbanaa laa tuzig quluu banaa ba;da idz hadaytanaa wa hab lanaa min ladunka rohmatan innaka antal wahabu, robbanaa atinaa fiddunyaa hasanah wa fil akhirati hasanah wa qinaa adzaa ban naar.

Yang artinya: Ya allah janganlah engkau goyahkan kami ketika kami sudah mendapat petunjuk, beri kami rahmatmu yang maha pengasih. Ya allah berikan juga hamba kebaikan didunia dan di akhirat, dan jauhkanlah kami dari api neraka.

Sebagai catatan, kita juga bisa menggabungkan semua doa diatas atau membacanya bersamaan dengan doa-doa baik lainnya. Semoga pembahasan kita ini mendapatkan keridhoan sang maha pembolak balik hati. Kekurangan hanyalah milik Allah, kekurangan adalah milik saya. Akhir kata wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Leave a Reply