Doa Naik Kendaraan Darat, Laut, Dan Udara

 

doa naik kendaraan

cantik.tempo.co

Sebagai seorang muslim yang bertaqwa, sudah seharusnya kita menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi semua larangannya. Untuk melengkapi itu semua kita juga dianjurkan untuk selalu patuh dengan semua sunnah-sunnah nabinya. Karena tidak afdhol rasanya jika kita hanya menjalankan syariat yang diwajibkan saja.

Ada banyak sekali sunnah-sunnah Rasulullah yang nabi ajarkan untuk kita semua. Salah satunya adalah doa bepergian naik kendaraan. Doa ini biasa dibacakan oleh Rasulullah saat beliau hendak menaiki kendaraannya, yakni unta. Walau berbeda armada, kita juga bisa mencontoh doa ini sebagai doa ketika kita naik kendaraan yang kita punya.

Doa Naik Kendaraan Sesuai Sunnah

Banyak sekali sunnah yang dianjurkan untuk bisa dilakukan dalam islam, dari yang mudah dikerjakan sampai yang cenderung sulit untuk bisa diwujudkan. Contoh sunnah yang mudah dilaksanakan adalah dengan berdoa. Karena pada dasarnya berdoa merupakan kalimat yang kita sampaikan kepada tuhan sang maha pencipta.

Perlu kita ketahui bahwa salah satu sifat mulia Allah adalah maha pemberi. Maka jangan berburuk sangka jika hajat kita belum terwujud sampai hari ini. Manfaat doa bukan hanya ketika kita menginginkan sesuatu saja, namun juga saat kita membutuhkan perlindungan dari yang maha kuasa. Ada beberapa macam doa yang bisa kita amalkan saat kita hendak melakukan perjalanan.

Doa ini memiliki keutamaan agar kita mendapat pelindungan serta petunjuk saat kita menjalankan safar. Berikut dibawah ini merupakan doa ketika kita ingin naik kendaraan agar kita senantiasa selamat dan terhindar dari segala bahaya.

Doa Naik Kendaraan Darat

Image result for doa naik kendaraan darat

 

سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ. وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Latin : Subhaanalladzi sakhkhara lanaa hadza wamaa kunnaa lahuu muqriniin wainnaa ilaa rabbina lamunaqlibuun.

Arinya : Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.

Doa ini bersifat umum, maka selain doa ketika naik kendaraan darat, doa diatas juga bisa dibacakan ketika kita ingin mengendarai kendaraan laut dan juga udara. Selain doa diatas ada juga riwayat lain yang mengatakan bahwa ketika Rasul hendak menaiki untanya beliau berdoa dengan lebih lengkap, yakni dengan membaca :

بِسْمِ اللهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ {سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ. وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ} الْحَمْدُ لِلَّهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ فَاغْفِرْ لِيْ، فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Latin : Bismillah, alhamdulilah (Subhaanalladzi sakhkhara lanaa hadza wamaa kunnaa lahuu muqriniin wainnaa ilaa rabbina lamunaqlibuun) alhamdulilah, alhamdulilah, alhamdulilah, allhuakbar, allahuakbar, allahuakbar, subhaanaka allahumma innii dzolamtu nafsii faghfirlii, fainnahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.

Artinya : Dengan menyebut nama Allah, segala puji baginya (Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.) segala puji bagi Allah, segala puji bagi Allah, segala puji bagi Allah, Allah maha besar, Allah maha besar, Allah maha besar, Maha Suci engkau ya Allah. Sungguh, aku telah menganiayanya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya, tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa kecuali engkau.”

Doa Naik Kendaraan Laut

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Latin : Bismillaahi majrahaa wa mursahaa inna robbii laghofuurur rohiim.

Artinya : Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya tuhanku benar-benar maha pengampun lagi maha penyayang.

Doa diatas diambil berdasarkan doa yang dipanjatkan oleh nabi Nuh yang diabadikan Allah dalam Al-Qur’an surah Huud ayat 41 (empat puluh satu).

 وَقَالَ ارْكَبُوا فِيهَا بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا ۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

Artinya : Dan Nuh berkata: “Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya”. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Doa Naik Kendaraan Udara

Mengenai doa naik kendaraan udara, tidak ada doa khusus untuk hal ini. Para ulama sepakat bahwa doa naik pesawat adalah dengan membaca doa yang sama seperti doa naik kendaraan pada umumnya. Doa tersebut memiliki lafadz sebagai berikut :

سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ. وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Latin : Subhaanalladzi sakhkhara lanaa hadza wamaa kunnaa lahuu muqriniin wainnaa ilaa rabbina lamunaqlibuun.

Arinya : Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.

Leave a Reply