Bacaan Doa Masuk Dan Keluar Rumah | Arab, Latin, Dan Artinya

Sebelum kita memasuki rumah, sesuai yang dianjurkan Rasulullah sebaiknya terlebih dahulu membaca doa. Hal ini bertujuan agar kita selalu berada dalam lindungan sang maha pencipta. Selain itu, membaca doa juga bermaksud agar para setan yang berada didalam merasa tak nyaman berada di dalam rumah kita. seperti apa yang telah di disabdakan Rasulullah:

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ لاَ مَبِيتَ لَكُمْ وَلاَ عَشَاءَ. وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ. وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

Jika seorang muslim menyebut nama Allah saat memasuki rumahnya maka setanpun berkata kepada temannya, “Tidak ada tempat tidur bagi mu malam ini.” dan jika seorang muslim berdoa saat dia hendak makan maka setanpun kembali berkata “tidak ada jatah tidur dan makan bagimu malam ini”.Begitulah kurang lebih isi dari hadits yang disampaikan oleh Rasulullah di atas.

Doa Masuk Rumah

doa masuk rumah

mozaik.inilah.com

Pada dasarnya ketika seseorang memasuki rumah maka disunnahkan bagi kita untuk mengucapkan salam. Seperti yang telah disampaikan Rasulullah:

يَا بُنَىَّ إِذَا دَخَلْتَ عَلَى أَهْلِكَ فَسَلِّمْ يَكُونُ بَرَكَةً عَلَيْكَ وَعَلَى أَهْلِ بَيْتِكَ

“Wahai anakku, jika engkau memasuki rumah dan menemui keluargamu, ucapkanlah salam agar datang berkah padamu dan juga pada keluargamu.”

Selain mengucapkan salam Rasul juga telah mengajarkan kepada kita pada riwayat yang lain untuk membaca doa seperti dibawah ini:

Doa masuk Rumah
بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا ، وَعَلَى اللهِ رَبَّنَا تَوَكَّلْنَا

“Bismillahi walajnaa wa bismillahi kharajnaa wa-alallaahi rabbina tawak-kalnaa”

Artinya : “Dengan nama Allah kami masuk rumah, dengan nama Allah aku keluar rumah, serta kepada-Nya aku berserah diri.”

Doa di atas ditunjukan untuk rumah yang masih berpenghuni. Berpenghuni artinya rumah itu masih ditinggali walaupun tidak digunakan sebagai tempat untuk tidur. Jika ada rumah yang ditinggal pemiliknya selama berbulan-bulan maka rumah itu tergolong rumah yang kosong. :

Doa Saat Masuk Rumah Kosong

doa masuk rumah

www.liputan6.com

Doa Masuk Rumah Kosong
اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ

“Assalamu’alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shoolihina”

Artinya : “Keselamatan atas mu hamba-hamba Allah yang sholih”..

Ada langit maka ada bumi, ada malam maka ada siang, ada matahari maka ada bulan, ada doa masuk rumah maka tentu ada doa keluar rumah.

Doa Keluar Rumah

doa masuk rumah

www.nyantriyuk.id

Doa Keluar Rumah
بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

“Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi”

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan upaya selain dengan kekuatan Allah”.

Selain doa diatas ada juga doa keluar rumah lain yang diriwayatkan dalam hadits lainnya. Yakni:

Doa Keluar Rumah 2
اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

“Allahumma inni a-’udzu bika an adhilla aw udholla, aw azilla aw uzalla, aw azhlima aw uzhlama, aw ajhala aw yujhala ‘alayya”

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari: aku tersesat, atau aku menyesatkan, atau aku tergelincir, atau aku digelincirkan, atau aku mendhalimi, atau aku didhalimi, atau kebodohanku atau dibodohi.”

Menurut syaikh Abdul Razak Al-mukhsin mengatakan ”Tidak ada masalah jika seorang muslim ingin mengamalkan kedua doa diatas secara bersamaan”.

Adab-Adab Masuk Rumah

doa masuk rumah

www.rumah.com

Islam merupakan agama yang telah mengatur kehidupan manusia dari segala sisi. Termasuk mengenai adab atau tata cara memasuki sebuah rumah. Ada beberapa adab-adab yang harus muslim ketahui sebelum memasuki sebuah rumah.

Mengetuk pintu

Dianjurkan untuk seseorang apabila dia  ingin memasuki sebuah rumah maka hendaknya memberikan isyarat terlebih dahulu dengan cara mengetuk pintu. Itupun tidak boleh terlalu keras dalam mengetuknya. Karena diera modern seperti sekarang mungkin sudah banyak rumah yang dipasang bell. Maka kita cukup dengan memencet tombol bell tersebut saja. Itupun tidak dianjurkan secara terus menerus tanpa jeda, karena dapat mengganggu penghuninya.

Mengucapkan Salam

Ketika seorang muslim memasuki rumah dianjurkan juga untuk mengucapkan salam. Hal ini dapat membantu memberi tanda penghuni rumah bahwa ada orang di luar.

Selain itu, mengucapkan salam juga berarti kita telah mendoakan penghuni rumah yang ingin kita masuki.

Mengucapkan salam juga bermaksud untuk saling mendoakan satu sama lain. Dan bisa menumbuhkan rasa kasih sayang diantara mereka. Serta menambah keakraban antar keluarga yang dapat memperoleh keberkahan Allah.

Membaca Doa

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, sebelum memasuki rumah hendaknya kita membaca doa seperti yang tertera diatas.

Mendahulukan Kaki Kanan

Yang terakhir adalah mendahulukan kaki kanan, seperti yang telah disampaikan sayyidati Aisyah radiyallahuan:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ «يُعْجِبُهُ التَّيَمُّنُ، فِي تَنَعُّلِهِ، وَتَرَجُّلِهِ، وَطُهُورِهِ، وَفِي شَأْنِهِ كُلِّهِ

“Dahulu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam amat menyukai memulai dengan yang kanan dalam mengenakan sandal, menyisir rambut, bersuci dan dalam segala urusan (perkara yang baik)” (Muttafaqun ‘alaih).

Itulah sedikit pengetahuan tentang doa masuk rumah dan doa keluar rumah yang dapat kami bagikan. Agar kita selalu berada dalam lindungan Allah hendaknya kita juga membaca doa dalam setiap amal yang ingin kita lakukan. Untuk mengetahui doa-doa yang harus dibaca dalam keseharian kita silahkan baca pula ulasan doa sehari-hari.

Baca juga: Kumpulan Doa Sehari-hari Arab, Latin, Dan Terjemah Paling Lengkap

Leave a Reply