Doa Masuk Dan Keluar Masjid Paling Lengkap

Doa adalah salah satu bentuk penghambaan manusia kepada tuhannya dalam rangka mendekatkan diri kepada sang maha pencipta. Dalam agama islam setiap orang dianjurkan agar membaca doa setiap kali mengawali atau mengakhiri aktivitas. Seperti ketika kita ingin memasuki tempa yang suci yaitu masjid. Rasulullah menganjurkan kita sebagai orang islam untuk terlebih dahulu membaca doa sebelum atau sesudah memasuki masjid.

Dalam Islam setiap umatnya dianjurkan untuk membaca doa sebelum memasuki masjid, namun ada doa khusus ketika kita ingin memasuki masjid nabawi. Bacaan doa masuk masjid ini merupakan ibadah sunnah yang wajib diajarkan kepada anak-anak generasi Islam. Dengan harapan agama islam ini akan terus berkembang dan memberi manfaat untuk seluruh alam semseta.

Dengan membaca doa masuk dan keluar masjid adalah salah satu bentuk cara kita untuk mendapatkan ridho sang maha pencipta semesta. Serta bentuk adab baik kita dalam rangka memasuki tempat beribadah.

Doa Masuk Masjid Sesuai Sunah Rasulullah

doa masuk masjid

mysiroh.wordpress.com

Masjid merupakan tempat yang Allah muliakan yang wajib kita jaga dan kita hormati dengan baik. Sebagai mana yang telah di terangkan imam Muslim dalam kitab shahih muslimnya.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَحَبُّ الْبِلَادِ إِلَى اللَّهِ مَسَاجِدُهَا وَأَبْغَضُ الْبِلَادِ إِلَى اللَّهِ أَسْوَاقُهَا

Dari Utsman bin Affan radhiyallahu’anhu dia berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang membangun masjid ikhlas karena Allah maka Allah akan membangunkan baginya yang serupa dengannya di surga.” (HR. Muslim dalam Kitab al-Masajid wa Mawadhi’ as-Shalah)

Sebagai umat Islam wajib menghargai dan menggunakan sopan santun yang tepat ketika memasuki tempat ibadah. Selain membaca doa kita juga dianjurkan untuk membersihkan diri kita terlebih dahulu sebelum memasuki masjid dengan cara berwudhu. Untuk itu setiap muslim wajib tahu dan paham bagaimana bacaan doa masuk masjid yang baik dan benar.

doa masuk masjid

http://www.doaharianislami.com

Adab Sebelum Kita Memasuki Masjid

Islam telah mengatur segala sesuatu di dalamnya. Semua perintah atau anjuran yang diatur dalam islam sejatinya adalah untuk kebaikan diri mereka sendiri. Allah telah menjanjikan kemuliaan untuk orang-orang senantiasa senang berada di dalam masjid dan memakmurkannya.

إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَاجِدَ اللَّهِ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَأَقَامَ الصَّلَاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَلَمْ يَخْشَ إِلَّا اللَّهَ فَعَسَى أُولَئِكَ أَنْ يَكُونُوا مِنَ الْمُهْتَدِينَ

“Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. at-Taubah:18)

Berikut beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika hendak memasuki masjid:

1. Mendahulukan Kaki Kanan

Menurut ajaran islam hal pertama yang harus kita lakukan dalam hal memasuki masjid adalah dengan mendahulukan kaki sebelah kanan terlebih dulu. Seperti yang diajarkan oleh Rasulullah untuk melakukan segala sesuatu yang baik-baik harus dilakukan dengan mendahulukan bagian tubuh yang sebelah kanan termasuk ketika akan masuk ke tempat ibadah. Sebenarnya tidak ada perintah khusus yang tertera dalam Al-Quran untuk mendahulukan kaki kanan dalam memasuki masjid. Tapi ajaran ini sangatlah penting agar kita senantiasa ingat kepada sang maha kuasa. Terlebih ini adalah ajaran yang diajarkan oleh Rasulullah Muhammad.

2. Membaca Doa Masuk Masjid

doa masuk masjid

bincangsyariah.com

Hal kedua yang dianjurkan dalam hal memasuki masjid adalah dengan berdoa. Ada bacaan khusus untuk memasuki tempat ibadah seperti apa yang sudah kita ketahui sebelumnya. Membaca doa adalah salah satu bentuk menghargai kesucian tempat ibadah kita sendiri.

3. Shalat Sunnah Dua Rakaat

Setelah masuk dan berdoa maka disunahkan untuk shalat sunah dua rakaat atau yang disebut dengan tahiyatul masjid. Salat ini dilakukan setelah masuk ke tempat ibadah sebelum melakukan sholat fardhu atau sebelum duduk di masjid. Orang yang memasuki masjid disunahkan untuk tidak duduk terlebih dahulu sebelum melakukan salat sunah.

Maka perlu kita ketahui sebelum kita hedak menuju tempat ibadah ada  baiknya kita dalam keadaan suci dengan berwudhu terlebih dahulu. Hal ini sangat penting apalagi kalau kita berada di Mekah maka doa masuk ke Masjidil Haram wajib dibaca Sebagai rasa hormat kita ke tempat yang suci tersebut.

4. Berdoa Ketika Akan Keluar Masjid Dan Mendahulukan Kaki Kiri

Yang dianjurkan membaca doa bukan hanya ketika kita hendak memasuki masjid saja. Namun juga ketika kita hendak ingin keluar masjid juga. Kita sebagai orang islam juga dianjurkan untuk membaca doa ketika ingin meninggalkan tempat ibadah kita.

doa masuk masjid

www.yuksinau.id

Adab Berada Di Dalam Masjid

  • Mengenakan Pakaian yang Sopan dan Bersih

Sebelum kita memasuki masjid, pastikan terlebih dahulu jika kita telah mengenakan pakaian yang sopan dan juga bersih dari berbagai macam najis.

  • Berjalan dengan Sopan dan Tenang

Ketika sudah berada di dalam masjid, usahakan untuk berjalan dengan sopan, tenang, dan tidak tergesa – gesa agar tidak menggangu orang lain yang sedang berada di dalam masjid.

  • Menunggu Waktu Shalat dengan Berdzikir

Ketika sedang berada di dalam masjid untuk menunggu masuk waktu shalat, dianjurkan untuk berdzikir kepada Allah.

  • Tidak Bercakap – cakap di Dalam Masjid

Untuk menghargai jamaah yang juga sedang beribadah di dalam masjid. Kita juga hendaknya tidak membuat kebisingan dengan tidak bercakap dengan orang lain di dalam tempat ibadah.

Doa Masuk Masjidil Haram

doa masuk masjid

rumahhokie.com

Masjidil haram merupakan masjid yang pertama kali dibangun diatas muka bumi. Masjidil haram dibangun sebelum manusia diciptakan oleh para malaikat dengan izin Allah. Masjidil Haram merupakan merupakan refleksi dari rumah di surga yang bernama Baitul Makmur. Di dalam masjidil haram terdapat tempat suci kiblat seluruh umat manusia yaitu ka’bah.

Walau demikian, bentuknya tidak seperti yang ada sekarang ini. Bentuk masjidil haram saat ini merupakan bentuk perkembangan yang dilakukan pemerintah Arab Saudi selama beberapa waktu. Adapun dahulunya, Masjidil Haram dibangun oleh Nabi Ibrahim Alaihissalam (AS) bersama dengan putranya Ismail. Dan bangunan itu adalah meninggikan fondasi Ka’bah yang terpendam sekian lama, pasca-zaman Nabi Adam AS.

Setelah pembangunan Ka’bah, maka selanjutnya dilakukanlah pembangunan Masjidil Haram. Tujuannya tidak lain untuk memudahkan umat Islam yang ingin melaksanakan ibadah selama di Tanah Suci. Berbeda dengan masjid-masjid pada umumnya, memasuki masjidil haram memiliki bacaan doa tersendiri seperti sebagai berikut.

للّٰهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ دَارَالسَّلَامَ تَبَارَكْتَ وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْجَلَالِ وَاْلإِكْرَامِ. اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَمَغْفِرَتِكَ وَأَدْخِلْنِيْ فِيْهَا. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلٰى رَسُوْلِ اللهِ

Allahumma antassalaam, waminkassalaam fahayyinaa rabbanaa bissalaam wa adkhilnal jannata daarassalaam tabaarakta wata’aalaita yaa dzaljalaali wal ikraam. Allahummaftah lii abwaaba rahmatika wamaghfiratika wa adkhilnii fiihaa. Bismillahi walhamdulillahi wasshalaatu wassalaamu ‘alaa rasuulillaah.

artinya: Ya Allah engkau sumber keselamatan, dan dari padaMu lah datangnya keselamatan itu semua. Maka sambutlah kami wahai tuhan dengan selamat sejahtera dan masukkanlah kami ke dalam surga negeri mu yang bahagia, Maha Pemberi berkat dan Maha tinggilah engkau wahai Tuhan yang punya keagungan dan kehormatan. Ya Allah bukakanlah untukku pintu rahmat dan ampunnan, masukkanlah aku ke dalam ampunanMu. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah shalawat dan salam untuk Rasulullah.

Inilah beberapa hal yang dapat kita bagikan buat kalian semua seputar tentang memasuki masjid. semoga bisa menambahkan nilai-nilai keimanan dalam hati kita semua. Aminnn.

Leave a Reply