Doa Masuk Kamar Mandi Shahih Dan Adab-Adabnya

doa masuk kamar mandi

sebentarsaja.com

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi selamat berjumpa kembali bersama kami sahabat sunnah. Kali ini kita akan mencoba membagikan doa masuk wc untuk kalian semua. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, wc merupakan tempat yang kotor. Tempat yang biasa dimanfaatkan oleh kita untuk membuang hajat.

Oleh sebab itu maka tidak heran jika tempat ini seringkali dimanfaatkan oleh syetan. Banyak riwayat yang mengatakan bahwa kamar mandi atau wc adalah tempat tinggal bagi mereka. Untuk menghindari pengaruh buruk pada diri kita ada baiknya jika kita membaca doa terlebih dahulu sebelum memasukinya.

Doa Masuk Kamar Mandi Dan Keluar Kamar Mandi

Sebagai orang islam doa merupakan satu perkara yang penting. Hampir semua tindakan yang ingin dilakukan harus diiringi dengan doa. Seperti doa naik kendaraan, doa ketika turun hujan, doa setelah adzan, doa bangun tidur, sampai doa bersetubuh juga ada. Bukan tanpa alasan semua diterapakan semata-mata hanya agar mereka senantiasa dalam perlindungan sang maha kuasa.

Doa Sebelum Masuk Kamar Mandi

اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Latin : Allahumma innii auudzbika minal khubutsi wal khabaaits.

Artinya : Ya Allah sungguh aku berlindung kepada Allah dari jin laki-laki dan jin perempuan.

Doa Keluar Kamar Mandi

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنِّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Latin : Ghufronakal hamdulilahil ladzii adzhaba annil adza wa aafaanii.

Artinya : Dengan mengharap ampunan mu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah mensejahterakan.

Hadits Berdoa Saat Masuk Dan Keluar WC

Setiap doa yang kita amalkan haruslah jelas dari mana sumbernya. Sebagai muslim kita memiliki dasar hukum untuk mengikuti doa siapa saja yang wajib kita ikuti. Berikut hadits yang menganjurkan kita membaca doa saat masuk dan keluar kamar mandi.

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , كَانَ إذَا دَخَلَ الْخَلَاءَ قَالَ : اَللّٰهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Artinya : Anas bin Malik Ra. Menuturkan “jika Rosulullah Saw hendak masuk WC, beliau  berdoa, “Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi wal khabaits” ( ya Allah, aku berlindung kepadamu dari setan laki- dan setan perempuan.) HR.Bukhari.

أَنَّ النَّبِىَّ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- كَانَ إِذَا خَرَجَ مِنَ الْغَائِطِ قَالَ : غُفْرَانَكَ

Artinya : “Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa setelah beliau keluar kamar mandi beliau ucapkan “ghufronaka” (Ya Allah, aku memohon ampun pada-Mu).”

Adab-Adab Seputar Masuk Kamar Mandi

  1. Membaca doa sebelum masuk kamar mandi, hal ini bertujuan agar kita mendapatkan perlindunga saat berada didalam wc. Doa juga dapat menjadi hijab antara bangsa jin dan bangsa manusia.
  2. Mendahulukan kaki kiri saat hendak masuk kamar mandi atau wc. Hal ini dilakukan sebagai tanda kita akan memasuki tempat yang najis. Selain itu hal ini juga dianjurkan sebagai bentuk pembeda antara kita memasuki masjid atau kamar mandi.
  3. Tidak membersihkan kotoran (cebok) dengan tangan kanan. Karena tangan kanan merupakan tangan yang digunakan untuk makan. Dan tangan kiri adalah tangan yang digemari oleh syetan.
  4. Menggunakan alas kaki saat berada dikamar mandi. Hal ini bertujuan agar apabila kita membuang air seni najisnya tidak menempel pada kaki.
  5. Tidak bernyanyi saat didalam kamar mandi. Kerana hal yang demikian merupakan perilaku syetan.
  6. Dilarang membaca ayat-ayat suci Al-Quran. Karena tidak pantas kesucian kitab suci dibawa dalam kamar mandi.
  7. Dilarang berlama-lama didalam kamar mandi. Sebab kamar mandi merupakan tempat tinggal bagi bangsa jin dan syetan.

Leave a Reply