Doa Bersetubuh Dan Selesai Bersetubuh Sesuai Sunnah

doa bersetubuh

https://media.ihram.asia

Islam adalah agama yang paling sempurna, segala sesuatu yang mengenai kehidupan manusia sudah diatur oleh yang maha kuasa di dalam kitab sucinya. Berjima merupakan hal yang biasa dalam suatu hubungan rumah tangga. Namun sebagai makhluk yang mulia kita harus mengikuti tata caranya. Selain cara, kita juga harus menyertai doa ketika hendak ingin menggauli istri kita.

Sebab dalam keadaan apapun setan bisa saja memanfaatkan segala keadaan yang kita lakukan. Dengan membaca doa bersetubuh diharapkan kita bisa mendapatkan keturunan yang soleh dan solehah. Serta semoga kita termasuk dalam golongan orang-orang yang bertaqwa. Berikut dibawah ini merupakan penjelasan mengenai doa bersetubuh dengan istri yang sesuai dengan ajaran dan aturan islam.

Doa Sebelum Bersetubuh

Seperti halnya membaca basmalah ketika hendak minum air, membaca doa ketika hendak menggauli istri adalah wajib hukumnya. Kewajiban ini berlaku bagi seorang suami dan tidak berlaku bagi seorang istri. Adapun waktunya adalah saat seorang laki-laki sudah berniat untuk menghampiri istrinya.

Bukan saat meletakkan timba yang hendak masuk kedalam sumur. Jika memang ada halangan dan tidak jadi melaksanakan niatnya maka suami tersebut sudah mendapatkan kebaikan di dalamnya. Para ulama sepakat bahwa membaca doa sebelum berjima adalah perkara yang sangat dianjurkan.

Dari Ibnu Abbas RA, bahwa Rasulullah bersabda : “ Seandainya salah seorang diantara kalian ingin menggauli istrinya lalu dia membaca do’a.

بِسْمِ اللهِ اَللّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

Latin : Bismillahi Allahumma janibnasyaithana wa janibnisyathaana maa razaqtanaa.

Artinya: Dengan menyebut nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami.

Maka jika ditakdirkan dari pertemuan keduanya itu menghasilkan keturunan seorang anak, setan tidak akan bisa mengganggunya selamanya.” Kemudian pertanyaannya adalah, bagaimana jika suami lupa membaca doa bersetubuh? Para ulama berpendapat jika suami lupa namun istri sudah membacanya maka mereka sudah mendapatkan keutamaannya.

Doa  Bersetubuh Ketika Mengeluarkan Air Mani

Selain doa diatas, saat mencapai orgasme kita juga dianjurkan untuk membaca doa. Dengan harapan kita bisa medapatkan ketururunan yang baik. Adapun doanya adalah sebagai berikut :

اَللّهُـــمَّ اجْعَــلْ نُطْفَتَــنَا ذُرّ ِيَّةً طَيِّــبَةً

Latin : Allahummaj’alnuthfatna dzurriyyatan thayyibah.

Artinya : Ya Allah jadikanlah nuthfah kami ini menjadi keturunan yang baik (shalih).

Doa Setelah Bersetubuh

Kemudian setelah berhubungan badan dengan pasangan kita juga hendaknya mengucapkan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan dengan cara membaca doa :

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ خَلَقَ مِنَ المْـَــاءِ بَشَـــرًا

Latin : Alhamdulillahiladzii khalaqa minalmaa’i  basyaraa.

Artinya : Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air mani ini menjadi manusia (keturunan).

Doa Mandi Setelah Bersetubuh

Setelah seseorang selesai berhubungan badan maka seseorang itu wajib hukumnya untuk mandi wajib / mandi besar. Adapun doa niat mandi besar setelah bersetubuh adalah sebagai berikut.

نَوَيْتُ غُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ عَنْ جَمِيْعِ الْبَدَنِيْ لِخُرُجِ الْمَنِيِّ مِنَ الْجِنَابَةِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالى

Latin : Nawaitu ghusla liraf’il hadatsil akbari anjamii’ilbadanii likhurujil maniyyi minal jinaabati fardholillahi ta’alaa.

Artinya : Aku berniat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari seluruh tubuhku karena keluar mani dari jinabat fardhu karena Allah Ta’ala.

Keutamaan Membaca Doa Ketika Bersetubuh

Seperti keterangan pada hadits diatas, bahwa barang siapa yang membaca doa ketika bersetubuh dan hamil, maka anaknya tidak akan di ganggu oleh setan. Pada penggalan hadits diatas terdapat kata “Abadaa” (selamanya). Artinya anak tersebut diharapkan menjadi anak yang baik selamanya.  Maksudnya adalah setan tidak akan mampu menyusahkan dia selama hidupnya.

Itulah sedikit ulasan yang dapat kami sampaikan, semoga apa yang kita ketahui hari ini dapat menambah nilai keimanan dalam hati kita semua. Semoga juga kita selalu berada dalam koridor ketaqwaan yang Allah ridhoi amin.

Leave a Reply