Kumpulan Doa Bercermin Dan Artinya (Membuka Aura Wajah)

doa bercermin

bersamadakwah.net

Mempercantik diri memang satu kebiasaan yang sangat penting. Dulu, kebanyakan orang yang berdandan hanyalah dari kalangan wanita saja. Namun diera sekarang, lebih banyak orang yang sangat memperhatikan penampilan dirinya hanya untuk sekedar dipandang orang. Hal ini terbukti dari banyaknya produk-produk berhias yang laris di pasaran.

Dari sekian banyak peralatan dandan, cermin adalah satu perangkat yang sangat diperlukan. Cermin merupakan media agar kita bisa melihat wajah kita sendiri. Dengan bercermin kita bisa lebih mudah berhias tanpa harus meminta bantuan orang lain. Tapi, tahukah anda bahwa dalam bercermin kita perlu untuk berdoa?

Selain bentuk rasa syukur kita kepada dzat yang maha mencipta, pendapat ulama juga memaparkan membaca doa bercermin juga berfungsi memperbaiki rupa dan akhlak kita. Wallahu’alam bissawaf.

Doa Ketika Bercermin

Tidak jarang banyak orang yang mengeluh tentang keadaan fisik mereka. Seolah mereka meyesal telah diciptakan sebagai manusia yang kurang indah rupanya. Padahal, kita diciptakan dengan bentuk yang sebaik-baik bentuk. Allah berpesan dalam firmannya.

لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ

Latin : Laqod khalaknal ingsaana fii ahsani taqwiim.

Artinya : Sungguh telah kami ciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.

Oleh sebab itu, sudah seharusnya kita bersyukur atas apa yang telah allah berikan untuk kita semua. Ada banyak bentuk pengungkapan rasa syukur yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah dengan berdoa. Ada beberapa doa bercermin yang dapat kita contoh untuk mengungkapkan rasa syukur kita kepada sang maha kuasa.

Doa Saat Bercermin Pertama

اَللّٰهُمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ

Latin: Allohumma kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii

Artinya: Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku.

Doa Saat Bercermin Kedua

اَلْحَمْدُ لِلهِ كَمَا حَشَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِىْ

Latin: Alhamdulillahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii

Artinya: Segala puji bagi Allah baguskanlah budi pekerti ku sebagai mana engkau telah membaguskan wajah ku.

Doa Saat Bercermin Ketiga

Dari Annas Bin Malik Berkata bahwa apabila Rasul Bercermin beliau selalu mengucapkan:

الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِي سَوَّى خَلْقِى فَعَدَّلْهُ , وَصَوَّرَ صُوْرَةَوَجْهِى فَحَسَّنَهَا , وَجَعَلَنِى مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Artinya: Segala puji bagi Allah yang menyempurnakan kejadianku dan memperindahnya, memuliakan rupa ku lalu membaguskannya dan yang telah menjadikan aku termasuk orang islam.

Adab Saat Berada Di Depan Cermin

Jangan pernah kalian jelekkan diri kalian-sendiri. Karena bisa jadi ketika kau ucapkan itu, tanpa sadar ada malaikat yang mengaminkan doa mu tadi. Berikut adab-adab baik yang sudah seharusnya kita lakukan saat berada di depan cermin.

  1. Membaca doa dengan hati ikhlas.
  2. Memandang wajah dengan penuh rasa syukur.
  3. Tidak membanggakan diri sendiri.
  4. Tidak menghinakan diri sendiri.
  5. Tidak berbicara atau tertawa seorang diri di depan cermin.

Leave a Reply