Maksud Doa Bangun Tidur Dan Artinya

doa bangun tidur

bapermulu.com

Hampir dalam setiap kesempatan acara apapun, umumnya pengisi acara akan mengajak para hadirin untuk mengucap rasa syukur kepada tuhan yang maha esa. Rasanya hal ini memang wajib dilakukan mengingat nikmat Allah yang diberikan sungguh sangat mengagumkan. Dari sekian banyak anugerah yang Allah berikan rasa kantuk adalah salah satunya.

Berapa banyak orang yang merasa tersiksa karena mereka tidak bisa merasakan ngantuk. Sampai-sampai mereka berani membayar mahal untuk bisa ngantuk dan bisa segera tidur. Dan sebagai seorang muslim kita dianjurkan untuk membaca doa dalam setiap kesempatan. Termasuk membaca doa bangun tidur dan doa sebelum tidur.

Doa Bangun Tidur Islam

doa bangun tidur

mrdihya.blogspot.com

Sama halnya seperti ketika kita ingin tidur, ketika kita telah bangun kita juga dianjurkan untuk membaca doa. Membaca doa berarti juga menjadi pembeda bahwa kita hendak melakukan suatu kegiatan dari kebaikan. Selain itu berdoa juga mengandung banyak sekali manfaat di dalamnya. Berikut doa bangun tidur seperti yang telah Rasul contohkan kepada para sahabatnya.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

Latin : Alhamdullillahilladzi ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilaihin nushur.

Artinya : “Segala puji bagi-Mu, ya Allah, yang telah menghidupkan kembali diriku setelah kematianku, dan hanya kepada-Nya nantinya kami semua akan dihidupkan kembali.”

Doa Sebelum Tidur

Sebagai makhluk yang penuh dosa kita manusia hendaknya selalu bertaubat kepadanya. Terlebih saat kita hendak mengakhiri aktivitas sehari-hari yang biasa kita jalani. Yaitu saat kita beristirahat dan berniat untuk tidur. Muhasabah adalah cara bagi hamba yang mulia. Pada saat itu kita diajarkan untuk mengingat kesalahan apa saja yang sudah kita lakukan pada siang harinya.

Banyak sekali bacaan dzikir sebelum tidur yang telah Rasulullah contohkan untuk kita sebagai umatnya. Sebagai hamba yang takwa sudah seharusnya kita mengikuti sunnah-sunnah nabinya. Dari sekian banyak bacaan yang telah Rasulullah beritahu, berikut bacaan doa sebelum tidur yang paling utama diantara yang lainnya.

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

Latin : Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut.

Artinya : Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati.

Sunnah-Sunnah Bangun Tidur

  • Duduk

Setelah kita baru saja bangun dari tidur kita, sebagaimana yang telah dicontohkan oleh rasul kita dianjurkan untuk duduk terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kita dapat menstabilkan rasa-rasa ngantuk kita yang masih tersisa di dalam kepala.

  • Menghilangkan bekas kantuk

Bahasa arab merupakan bahasa yang sangat lengkap diantara yang lainnya. Sehingga dapat menjelaskan suatu hal sampai jelas ke akarnya. Seperti hadits yang menjelaskan tentang sunnah mengusap mata setelah bangun tidur. Dimana kita dianjurkan menggunakan punggung tangan atau punggung jari bagian luar saat mengusap mata kita.

  • Membaca Doa

Setelah melakukan sunnah-sunnah diatas, barulah setelahnya kita dianjurkan untuk membaca doa setelah tidur sebagai mana yang telah diterangkan sebelumnya. Selain membaca doa kita juga diharuskan berkomitmen dengan isi kandungan didalamnya. Secara tekstual arti doa ini adalah bertujuan untuk mengajak kita untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Makna Doa Bangun Tidur

Setiap doa  yang telah diajarkan pasti masing-masing telah memiliki tujuan serta makna tertentu. Dalam doa bangun tidur diatas seakan-akan kita diajak untuk senantiasa bersyukur dan berterimakasih, karena kita telah diberi kesempatan hidup kembali setelah ditahan nyawa kita oleh Allah subhanahu wata’ala. Selain itu setiap orang yang telah membaca doa ini juga seakan-akan telah berkomitmen atau berjanji akan hidup lebih baik lagi dari sebelumnya.

Leave a Reply