Anniversary Persib Ke 83 Paguyuban Bobotoh Indramayu Barat

Ketika seseorang mencintai sesuatu dia akan rela melakukan apa saja untuk meluapkan rasa cintanya itu. mereka rela mengorbankan waktu tenaga serta uang untuk sesuatu yang dia cintai. Setiap orang mempunyai caranya masing-masing untuk mengekspresikan hal tersebut.

Salah satunya adalah dengan merayakan hari kelahiran atau hari ulang tahun. Begitu juga bobotoh mereka sangat mencinta tim kebanggaan nya persib bandung. Setiap tanggal 14 maret hampir seluruh bobotoh di tiap-tiap daerah merayakan hari jadi tim berjuluk maung bandung itu.

Rencana Memperingati Hari Jadi Persib Ke 83

anniversary persib ke 83

Hari itu aku sebagai bagian dari salah satu kelompok supporter persib di indramayu barat mendapatkan undangan untuk berkumpul bersama di salah satu kecamatan. Awalnya aku tidak mengetahui apa maksud serta tujuan dari di kumpulkan nya para bobotoh indramayu barat.

Aku termasuk orang yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia supporter. Sesampainya di sana ternyata yang akan di bahas adalah memperingati hari jadi sang kebanggaan persib bandung. Di tempat itu aku bertemu dengan banyak orang yang sudah aku kenal sebelum nya.

Saat dalam pembahasan perhatian ku tertuju pada satu orang yang mempelopori tercipta nya acara ini. Dalam hati aku bertanya siapakah dia? Mengapa semua teman-teman yang lain sangat menghormatinya.

Di forum itu di bahas mengenai dana yang akan di kumpulkan dengan cara partisipasi perkomunitas, dengan cara berkerja sama dengan sponsor, serta penjualan kaos acara anniversary.

Ketika di Tanya apakah ada yang di tanyakan aku mengangkat tangan dan mengajukan beberapa pertanyaan termasuk berapa harga perkaos yang akan di pasarkan. Di forum itu juga di bahas tentang tempat acara yang rencananya akan di laksanakan di kecamatan patrol.

Mewakili teman-teman yang lain aku mengangkat tangan serta kembali mengajukan keberatan tentang tempat di laksanakan nya acara. Kami rasa alangkah baiknya bila acara di laksakan di titik tengah anjatan.

Rapat malam itu selesai dengan belum menemui titik temu di beberapa pembahasan. Pada minggu selanjutnya aku kembali di undang untuk membahas agenda yang sama.

Hari itu aku di persilahkan untuk duduk di depan namun aku lebih memilih duduk bersama teman-teman yang lain. Saat forum di mulai sepertinya pembahasan sudah lebih jauh ternyata memang sudah ada pertemuan kedua yang mereka katakan sudah mengundang ku tapi aku tidak datang.

Saat pembahasan tempat aku kembali menyampaikan keberatan namun dihiraukan. Entah karena aku terlalu banyak bicara atau ada hal lain.

Merasa tak di anggap aku keluar ruangan forum itu bersama beberapa teman saat itu terdengar ocehan salah seorang yang dengan perkataannya menyinggung hati kami.

Sebelum forum rampung kami memutuskan untuk pulang. Untuk mengekspresikan kekecewaan aku dan beberapa teman yang lain membuat status sosmed dengan hastag haurgeulis menolak keras.

Status itu membuat teman-teman bobotoh lain bertanya-tanya! Malam itu juga di adakan rapat mendadak membahas tentang akan di adakan nya acara memperingati hari jadi persib yang akan di laksanakan di kecamatan haurgeulis.

Persiapan Acara Anniversary Persib Ke 83

anniversary persib ke 83

Tidak di sangka bobotoh sangat antusias acara rapat dadakan  malam itu sangat ramai. Tak mau membuang waktu aku langsung membuat skema demi terciptanya acara tersebut. Focus pembahasan malam itu adalah menerangkan sumber dana yang akan di kumpulkan.

Sumber dana yang paling bisa di harapkan adalah penjualan kaos. Agar lebih transparan aku meminta info kepada seluruh bobotoh yang hadir tentang tempat pembuatan kaos yang paling termurah serta kesepakatan harga kaos yang akan di pasarkan.

Pembuatan Kaos Anniversary

anniversary persib ke 83

Aku sebagai ketua pelaksana acara itu langsung menunjuk beberapa orang untuk menjadi panitia pelaksana acara anniversary persib bandung ke 83 tahun. Rapat malam itu menyimpulkan bahwa setiap ketua komunitas berkewajiban menjadi agen pembelian kaos anniversary.

Setelah beberapa hari dengan komunikasi yang kami jalin ternyata pemesanan kaos tidak seperti yang di harapkan. Malam minggu selanjutnya kembali di adakan rapat besar-besaran.

Di mana system untuk pemesanan kaos di revisi ulang yang tadi nya pemesanan melalu masing-masing ketua komunitas di ubah menjadi satu titik. Semua bobotoh yang ingin memesan kaos bisa melaui salah satu teman kami ketua republic bomber inggris ocim permana.

Agar lebih mudah saat itu saya berusaha mempromosikan saudar ocim dengan mensosilisasikan nama facebook serta nomer handphone beliau.

“ di beri tahukan untuk semua teman-teman bobotoh barang siapa yang ingin memesan kaos anniversary persib bandung ke 83 tahun bisa melalui saudara kita ocim permana. Dengan nama facebook ocim republic bomber inggris dengan nomer telepon 083******** “

Cara ini terbukti sangat efektif detik itu juga banyak sekali teman-teman bobotoh yang langsung menghampiri ocim untuk langsung memesan kaos meminta nomer handphone dan menanyakan nama facebook hmmmm cimm cim bisaan bae. Hahahaaa

Dengan di bantu oleh seorang bidadari tribun yang cantiknya tiada tara seantero jagad dunia di sepakatilah designe kaos anniversary persib ke 83 tahun berwarna biru berpadu dengan warna gold di depan.

Setelah dua minggu berjalan terkumpul uang dp pemesanan kaos sebesar sekitar Rp.17.000.000 (tujuh belas juta rupiah) yang langsung di setorkan ke tempat pembuatan kaos di karawang. Sebanyak 500 pcs kaos lebih siap di produksi.

Sampai kaos siap di ambil saya dan ocim bermaksud untuk melunasi serta menjemputnya kesana tapi karena kaos yang sangat banyak kami sampai harus di antarkan oleh pemilik saung sablon menggunakan mobil sampai ke rumah.

Memperjuangkan Perizinan

anniversary persib ke 83

Di samping menunggu pengumpulan dana kaos kami juga langsung membuat proposal untuk pengajuan perizinan di beberapa instansi terkait. Tak semudah yang di bayangkan ternyata membuat proposal harus dengan penempatan yang sesuai.

Karena sering kali salah kita sampai harus bolak balik tempat pecetakan sampai menghabiskan ratusan lembar kertas. Beruntung ada teman kita semua ahli computer pakar telematika legenda ceo haurgeulis kak ikhsan al- mekarjati. Heheheeee

Setelah berhasil mengantongi izin dari desa kami langsung mengajukan proposal izin ke kecamatan. Sempat pengalami kendala karna susah bertemu pak camat untung ada ibu zubaedah pegawai kecamatan yang dengan senang hati membantu kami.

Setelah di setujui kapolsek haurgeulis kami masih harus berjuang meminta izin ke kepolisian reskrim indramayu. Di sana kami bertemu dengan bagian perizinan polres indramayu intelkam.

Yang mengharuskan kami berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait perizinan seperti kesbang, satlantas, satpol pp, kodim jaya, dan sabara.

Setelah berhasil mengumpulkan tanda tangan instansi-instansi tersebut kamipun mendapatkan surat izin di laksanakan nya anniversary persib ke 83 yang akan di selenggarakan di lapangan bola cipancuh kecamatan haurgeulis indramayu.

Ternyata partisipasi tidak hanya berasal dari haurgeulis banyak teman-teman bobotoh dari kecamatan lain yang ingin bergabung bersama kami. Ada 26 enam komunitas dari enam kecamatan yang berbeda.

Untuk menambah pengumpulan dana acara kami sempat mengajukan ke beberapa sponsor perusahaan besar tapi karena waktu yang sangat singkat hal tersebut gagal di realisasikan.

Agar semua orang bisa menghadiri berdasarkan kesepakatan bersama ulang tahun persib yang jatuh pada tanggal 13 maret 2016 harus di undur dua hari kebelakang dari hari jum’at ke hari minggu.

Persiapan semakin matang setelah sewa panggung telah rampung sound system telah selesai kami berkerja sama dengan yayasan rumah yatim janatul atiq untuk berbagi kebahagiaan bersama mereka.

Bolu ulang tahun sudah di pesan tamu mulai berdatangan durlur bonek lamongan NJ mania Jakarta panser biru semarangpun sudah datang. Mulai sore hari kami berkumpul di lapangan tempat yang akan di laksanakan nya acara untuk membahas persiapan besok pagi.

Malam itu lapangan di sulap bagaikan pasar banyak sekali bobotoh yang berlalu lalang dari yang membantu persiapan ada yang sekedar berjalan-jalan sampai yang memanfaatkan tempat untuk pacaran.

Sampai pukul jam 01:00 pagi kami baru selesai agar keesokan hari tidak ada yang tertinggal kami memutuskan bermalam di lapangan. Untuk menghilangkan suasana sepi sambil menunggu waktu pagi kami menonton layar lebar.

Adzan subuh mulai terdengar semua pasukan membubarkan diri kerumah nya masing-masing untuk mandi dan bersiap-siap. Aku adalah satu-satunya orang yang tidak pulang karena pagi itu banyak sekali yang harus di siapkan.

Di luar dugaan mobil yang harusnya mengangkut alat music mendadak gagal terpaksa aku harus menyewa motor roda tiga untuk menggantikan nya.

Karena semua panitia belum kembali dari rumahnya masing-masing terpaksa di jalan aku harus memanggil bobotoh yang belum aku kenal. Bersyukur mereka simpati dengan senang hati mereka membantu kami.

Hari Di Laksanakannya Acara

anniversary persib ke 83

Pukul 08:00 pagi acara di mulai dengan pembukaan yang di sampaikan oleh pembawa acara rizal ketua viking blue line indramayu. Yang di lanjutkan dengan pembagian santunan anak yatim.

Lalu pak aming sebagai Pembina dari kepolisian menyampaikan sangat mengapresiasi sekali acara ini karena memang beliau tahu betul bagai mana perjuangan kami agar acara ini bisa terwujud.

Beliau jugalah yang memberikan arahan serta pembekalan kepada kami agar kami bisa di izinkan di tingkat polres indramayu. Terima kasih pak aming engkau akan selalu ada dalam ingatan kami…

Masuk kepada acara inti perform band dari setiap bobotoh dengan membawakan lagu-lagu persib. Suasan mulai meriah dengan di bawakannya lagu aing pendukung persib yang di populerkan oleh pas band.

Semua bobotoh bernyanyi bersama dengan satu irama.

“ Aing pendukung Persib
Kubela sampai mati
Dari zaman Encas Tonif
Sampai zaman akhir nanti

Kujual baju celanaku
Untuk menonton permainanmu
Lapar teu paduli
Nu penting aing lalajo Persib ”

secara bersamaan mereka berteriak.

“ Bobotoh Persib Maung Bandung Bobotoh Persib Hidup Persib ”

Dilanjutkan ceremonial potong kue ulang tahun persib bandung ke 83 tahun dengan di iringi lagu selamat ulang tahun yang di populerkan oleh jamrud. Dengan suasana haru serta suara penuh sendu mereka semua bernyanyi.

“ hari ini hari yang kau tunggu bertambah satu tahun usia mu bahagialah kamu yang ku beri bukan jam dan cincin bukan seikat bunga atau puisi juga kalung hati maaf bukan pelit atau tak mau gak modal dikit yang aku ingin beri pada mu do’a setulus hati” bahkan ada yang sampai meneteskan air mata! “ semoga tuhan melindungin kamu serta tercapai semua angan dan cita-cita mu mudah-mudahan diberi umur panjang menang selama-lamanya. “

Dan untuk mengingatkan kami bahwa kami harus mengesampingkan ego serta menjungjung tinggi persatuan demi satu tujuan mendukung persib bandung. Acara kami tutup dengan membawakan lagu persis solo kita akan tetap jadi satu.

“Rayakanlah pertemuan ini

Slalu bersama apapun yang terjadi

Singkikan semua yang mengganggumu

Kita kan tetap jadi satu”

Leave a Reply